Jawaban : Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku layanan lisan, misalnya: memahami benar masalah-masalah yang termasuk dalam bidang tugasnya. Mampu memberikan penjelasan yang perlu dengan lancar, singkat tetapi jelas sehingga memuaskan pihak yang ingin memperoleh kejelasan mengenai sesuatu hal. Tidak ngobrol dan bercanda dengan teman walaupun tidak ada tamu. Ini bukan berarti tidak boleh ngobrol dan canda, tetapi bisa melihat situasi dan mempergunakan waktu dengan maksimal untuk kepuasan pelayanan. Jika ini terjadi akan menimbulkan kesan tidak disiplin dan melalaikan tugas. Tamu menjadi segan untuk bertanya dengan memutuskan keasikan "ngobrol". Tidak melayani orang-orang yang ingin sekedar "ngobrol" dengan cara yang sopan.
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan layanan tulisan?
Jawaban : layanan tulisan terdiri atas dua golongan yaitu: Pertama, layanan berupa petunjuk, informasi dan yang sejenisnya ditugaskan pada orang-orang yang berkepentingan, agar memudahkan mereka dalam berurusan dengan instansi atau lembaga. Kedua, layanan berupa reaksi tertulis atas permohonan, laporan, keluhan, pemberian atau pengarahan, pemberitahuan dan sebagainya.
Pertanyaan : Petunjuk-petunjuk apa saja yang harus ada di dalam gedung yang melayani kepentingan umum?
Jawaban : Petunjuk yang harus ada dalam gedung bagi lembaga yang melayani kepentingan umum antara lain: petunjuk bagi tempat bertingkat. Petunjuk ruang kerja sesuai dengan susunan organisasi. Petunjuk mengenai syarat-syarat mendapatkan hak-hak tertentu beserta biaya yang diperlukan. Petunjuk tempat-tempat khusus selain tempat kerja seperti: kantin, kamar kecil pria/wanita, ruang rapat, ruang tunggu, ruang kontrol, ruang dapur. Petunjuk tempat alat-alat keselamatan kerja. Cara penggunaan alat-alat tanda bahaya kebakaran yang bukan otomatis. Serta cara-cara menyelamatkan diri dari bahaya kebakaran.
Pertanyaan : Petunjuk-petunjuk apa saja yang harus ada di luar gedung yang melayani kepentingan umum?
Jawaban : Petunjuk yang harus ada di luar gedung adalah petunjuk masuk/keluar halaman kantor. Petunjuk parkir kendaraan roda empat dan roda dua. Petunjuk lainnya yang dapat dibuat sendiri sesuai dengan keperluan lembaga yang bersangkutan.
Pertanyaan : Apa tujuan utama dari petunjuk di dalam dan luar gedung pelayanan umum?
Jawaban : petunjuk yang ada dalam gedung maupun di luar gedung mempunyai tujuan utama yaitu Pertama, memudahkan bagi semua pihak yang berkepentingan. Kedua, memperlancar urusan dan menghemat waktu bagi kedua pihak, baik petugas maupun pihak yang memerlukan pelayanan. Ketiga, menuntun orang ke arah yang tepat.
Pertanyaan
:
Jelaskan siapa pelaku layanan umum yang berbentuk perbuatan!
Jawaban
:
Pada umumnya layanan dalam bentuk perbuatan 70-80% dilakukan oleh petugas-petugas tingkat menengah dan bawah. Karena itu faktor keahlian dan keterampilan petugas tersebut sangat menentukan terhadap hasil perbuatan atau pekerjaan.
Pertanyaan : Upaya apa yang perlu diperhatikan berkaitan dengan kualitas hasil pekerjaan?
Jawaban : Upaya yang perlu diperhatikan berkaitan dengan faktor kualitas hasil pekerjaan, antara lain: adanya kesungguhan dalam melakukan pekerjaan dengan motif mulia, yaitu ikhlas karena Alloh semata-mata. Adanya keterampilan khusus untuk menangani pekerjaan. Untuk itu pekerja harus memiliki keterampilan yang diisyaratkan, atau jika belum memiliki harus terlebih dahulu mendapatkan pendidikan dan atau latihan yang sepadan. Di samping itu disiplin dalam: waktu seperti tepat waktu, memahami prosedur dan metode yang telah ditentukan.
Pertanyaan : Apa sasaran manajemen pelayanan umum?
Jawaban : Sasaran manajemen pelayanan umum sederhana saja yaitu kepuasan. Meskipun sasaran itu sederhana tetapi untuk mencapainya diperlukan kesungguhan dan syarat-syarat yang sering kali tidak mudah dilakukan. Hal ini berkaitan dengan masalah kepuasan yang tidak dapat diukur secara pasti tetapi relatif.
Pertanyaan : Persyaratan pokok apa yang harus dipenuhi petugas layanan agar layanannya dapat memuaskan pelanggan?
Jawaban : Persyaratan pokok yang harus dipenuhi si petugas agar layanannya dapat memuaskan seseorang atau sekelom-pok orang yang dilayani adalah antara lain tingkah laku yang sopan. Cara menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan apa yang seharusnya diterima oleh orang yang bersangkutan. Waktu menyampaikan yang tepat dan keramahtamahan.
Pertanyaan : Bagaimana perwujudan keramahtamahan dalam pemberian pelayanan umum?
Jawaban: Perwujudan keramahtamahan dapat ditandai melalui: cara pembicaraan wajar, dalam arti tidak dibuat-buat. Cukup jelas, tidak menimbulkan keraguan. Disampaikan dengan hati tulus dan terbuka serta gaya bahasa sopan dan benar.
0 Response to "Syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi oleh pelaku layanan lisan?"
Post a Comment