Jawaban :Layanan berkualitas adalah layanan yang cepat, menyenangkan, tidak mengandung kesalahan, mengikuti proses dan prosedur yang telah ditetapkan lebih dahulu. Jadi pelayanan yang berkualitas itu tidak hanya ditentukan oleh pihak yang melayani, tetapi juga pihak yang ingin dipuaskan. Perinsipnya yang melayani senang yang dilayanipun senang dan puas.
Pertanyaan : Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip pelayanan berkualitas!
Jawaban : prinsip-prinsip layanan berkualitas antara lain: pertama, proses dan prosedur harus ditetapkan lebih awal. Kedua, proses dan prosedur itu harus diketahui oleh semua pihak yang terlibat. Ketiga, disiplin bagi pelaksana untuk mentaati proses dan prosedur. Keempat, perlu peninjauan proses dan prosedur oleh pimpinan, sewaktu-waktu dapat dirubah apabila perlu. Kelima, perlu penciptaan iklim yang kondusif bagi pengembang budaya organisasi untuk menciptakan kualitas layanan. Keenam, kualitas berarti memenuhi keinginan, kebutuhan dan selera konsumen. Ketujuh, setiap orang dalam organisasi merupakan partner dengan orang lainnya.
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan manajemen kualitas?
Jawaban : Relevan dengan arti layanan berkualitas, manajemen kualitas sesungguhnya adalah suatu langkah untuk mengurangi kesalahan atau mencegah timbulnya kesalahan, sehingga penghematan dapat dilakukan dalam bentuk mencegah terjadinya kesalahan.
Pertanyaan : Berikan satu contoh pelayanan berkualitas!
Jawaban :
Contoh pelayanan berkualitas, misalnya pelayanan kantor pos. Jika seseorang ingin suratnya cepat sampai di tempat tujuan, boleh menggunakan pos Patas atau kilat khusus dengan pembayaran lebih tinggi daripada pos biasa, tetapi ada jaminan bahwa surat patas atau kilat khusus akan tiba pada si alamat dalam jangka waktu sekian jam atau hari. Jika surat itu betul-betul sampai pada si alamat dalam jangka waktu yang dijanjikan, maka terpenuhilah sudah apa yang dikatakan layanan berkualitas.
Pertanyaan : Sebutkan bentuk-bentuk pelayanan umum!
Jawaban : Pelayanan umum dapat berbentuk: layanan secara lisan, layanan melalui tulisan dan layanan melalui perbuatan.
Pertanyaan : Apa yang dimaksud dengan layanan lisan?
Jawaban : Layanan dengan lisan biasanya dilakukan oleh petugas-petugas di bidang hubungan masyarakat atau HUMAS, bidang layanan informasi dan bidang-bidang lain yang tugasnya memberikan penjelasan atau keterangan kepada siapapun yang memerlukan agar layanan lisan berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan.
0 Response to "PRINSIP, BENTUK DAN SASARAN PELAYANAN UMUM "
Post a Comment