Variabel Penelitian
Variabel penelitian ini dikemukakan dalam rangka membantu menjelaskan pokok subyek dan batasan pengertian untuk variabel – variabel tersebut.
Variabel ( atribut ) yang digunakan :
1. Variabel Independen ( X )
Kualitas pelayanan ( X ) yaitu keseluruhan sifat dari suatu produk yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan para konsumen.
Variabel independen dalam penelitian ini meliputi :
1. Harga.
2. Rasa atau Aroma.
3. Kemasan.
4. Pelayanan.
5. Ukuran
2. Variabel Dependen ( Y )
Variabel dependen adalah variabel terikat yang dipengaruhi karena adanya variabel bebas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perilaku membeli konsumen dalam membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi.
Definisi Operasional Variabel
Untuk menyatakan pengertian tentang variabel yang diukur. Maka dalam penelitian ini adalah keputusan konsumen dalam membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi, yaitu :
a. Harga
Harga adalah suatu nilai yang dinyatakan dalam rupiah atau sejumlah pengorbanan berupa uang yang dapat diartikan sebagai harga beli yang berlaku bagi konsumen.
b. Rasa atau aroma
Rasa atau aroma adalah suatu nilai yang terkandung dalam produk yang langsung dapat dinikmati oleh konsumen dan memberikan diri tersendiri dari suatu produk.
c. Kemasan
Kemasan adalah merupakan wadah atau tempat yang dijadikan pembungkus dari suatu produk.
d. Pelayanan
Pelayanan adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen.
e. Ukuran
Ukuran produk adalah suatu varian bentuk dengan berbagai macam ukuran yang dapat menyesuaikan antara kebutuhannya dengan ukuran produk yang ada.
f. Perilaku membeli
Perilaku membeli adalah merupakan suatu tindakan yang terbentuk dari proses kegiatan pembelian yang tampak hanyalah satu tahap dari keseluruhan proses pembelian konsumen.
0 Response to "Contoh Cara Membuat Variabel Penelitian"
Post a Comment