Ini menjelaskan analisis hasil penelitian mengenai analisis atribut produk dalam pembelian Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta. Pembahasan analisis hasil penelitian ini dimulai dari analisis kualitatif yang meliputi profil responden, analisis deskripsi variabel penelitian, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis.
Seperti telah dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden penelitian yaitu pada konsumen Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling.
Dalam penelitian ini disebarkan 110 kuesioner pada 100 responden. Kuesioner yang dikembalikan sebanyak 100 eksemplar, jadi respon rate-nya sebanyak 90,91%. Kuesioner yang terjawab lengkap dengan baik dan layak dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 100 kuesioner.
Rincian perolehan kuesioner dalam penelitian ini dapat dilihat pada lampiran rekapitulasi data. Setelah data terkumpul, kemudian data diedit (editing), diberi kode (coding), dan ditabulasikan (tabulating). Untuk selanjutnya dianalisis dengan bantuan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00.
4.1. Profil Responden
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 100 reponden, maka dapat diidentifikasikan mengenai karakteristik responden sebagai berikut :
a. Gender
Berdasarkan gender, maka responden dalam penelitian ini diklasifikasikan sebagai berikut :
Tabel 4.1
Klasifikasi Responden Berdasarkan Gender
No | Gender | Jumlah | Persentase |
1 | Laki-laki | 51 | 51,0% |
2 | Perempuan | 49 | 49,0% |
Total 100 100% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007.
Berdasarkan tabel 4.1 di atas bahwa responden dalam penelitian ini sebagian besar adalah laki-laki sebanyak 51 responden atau 51,0% dan perempuan sebanyak 49 responden atau 49,0%.
b.Penghasilan
Berdasarkan penghasilan, maka responden dalam penelitian ini diklasifikasikan sebagai berikut :
Tabel 4.2
Klasifikasi Responden Berdasarkan Penghasilan
No | Penghasilan | Jumlah | Persentase |
1 | < Rp 1.000.000 | 26 | 26,0% |
2 | Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 | 41 | 41,0% |
3 | Rp. 2.000.001 – Rp. 3.000.000 | 14 | 14,0% |
4 | > Rp 3.000.000 | 19 | 19,0% |
Total 100 100% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel 4.2 di atas bahwa responden dalam penelitian ini adalah sebagian besar berpenghasilan Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 sebanyak 41 responden atau 41,0% dan sebagian kecil berpenghasilan Rp 2.000.001 – Rp 3.000.000 sebanyak 14 responden atau 14,0%. Responden yang berpenghasilan < Rp 1.000.000 sebanyak 26 responden atau 26,0% dan responden yang berpenghasilan > Rp 3.000.000 sebanyak 19 responden atau 19,0%.
4.2. Deskripsi Tentang Responden yang Digunakan untuk Penelitian
Seperti tersebut di depan bahwa ada 100 responden yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan variabel yang dikemukakan ada 6, dan masing-masing variabel terdiri dari beberapa atribut.
Berdasar hal tersebut maka uraian tentang hasil dari penelitian lapangan dilaporkan sebagai berikut :
4.2.1. Variabel Harga
Tabel 4.3
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Kualitas Masakan yang Disajikan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 40 | 40,0% |
Setuju | 57 | 57,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (57,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan kualitas masakan yang disajikan.
Tabel 4.4
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Fasilitas yang Dimiliki
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 17 | 17,0% |
Setuju | 77 | 77,0% |
Tidak Setuju | 6 | 6,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (77,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan fasilitas yang dimiliki.
Tabel 4.5
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Pelayanan yang Diberikan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 19 | 19,0% |
Setuju | 77 | 77,0% |
Tidak Setuju | 4 | 4,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (77,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan pelayanan yang diberikan.
4.2.2. Variabel Rasa atau Aroma
Tabel 4.6
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Rasa Kebab Turki Baba Rafi Lezat
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 70 | 70,0% |
Setuju | 30 | 30,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (70,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang lezat.
Tabel 4.7
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kebab Turki Baba Rafi Memiliki Aroma atau Cita Rasa yang Sedap dan Khas
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 64 | 64,0% |
Setuju | 36 | 36,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (64,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang memiliki aroma atau cita rasa yang sedap dan khas.
Tabel 4.8
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Selera Konsumen
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 51 | 51,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (51,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang sesuai dengan selera konsumen.
4.2.3. Variabel Kemasan
Tabel 4.9
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kemasan Dapat Memenuhi Sasaran Berupa Keamanan dan Kemanfaatan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 16 | 16,0% |
Setuju | 69 | 69,0% |
Tidak Setuju | 15 | 15,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (69,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memiliki kemasan yang dapat memenuhi sasaran berupa keamanan dan kemanfaatan.
Tabel 4.10
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan Kemasan di Kebab Turki
Baba Rafi Mempunyai Identifikasi dengan Produk Pesaing
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 17 | 17,0% |
Setuju | 69 | 69,0% |
Tidak Setuju | 14 | 14,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (69,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi mempunyai identifikasi dengan produk pesaing.
Tabel 4.11
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Ada Bentuk dan Ciri Kemasan yang Menarik
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 41 | 41,0% |
Setuju | 22 | 22,0% |
Tidak Setuju | 33 | 33,0% |
Sangat Tidak Setuju | 4 | 4,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (41,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memiliki bentuk dan ciri kemasan yang menarik.
4.2.4. Variabel Pelayanan
Tabel 4.12
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Pelayanan di Kebab Turki Baba Rafi Menyenangkan, Cepat dalam Penyajian
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 24 | 24,0% |
Setuju | 73 | 73,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (73,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memberikan pelayanan yang menyenangkan dan cepat dalam penyajian.
Tabel 4.13
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Pelayanan di Kebab Turki Baba Rafi Didukung Penampilan Karyawan yang Rapi, Ramah dan Selalu Siap Membantu
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 21 | 21,0% |
Setuju | 59 | 59,0% |
Tidak Setuju | 20 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (59,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memberikan pelayanan yang memang didukung oleh penampilan karyawan yang rapi, ramah dan selalu siap membantu.
Tabel 4.14
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Tercipta Suasana dengan Kebersihan yang Selalu Terjaga
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 21,0% |
Setuju | 45 | 59,0% |
Tidak Setuju | 9 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi telah tercipta suasana dengan kebersihan yang selalu terjaga.
4.2.5. Variabel Ukuran
Tabel 4.15
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Ukuran di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 12 | 12,0% |
Setuju | 62 | 62,0% |
Tidak Setuju | 26 | 26,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (62,0%) menilai ukuran Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Tabel 4.16
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Dengan Berbagai Macam Ukuran yang Ditawarkan Memberikan
Kemudahan dalam Pembelian
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 47 | 47,0% |
Setuju | 50 | 50,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (50,0%) menilai ukuran Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa kebab di Kebab Turki Baba Rafi memiliki berbagai macam ukuran yang ditawarkan memberikan kemudahan dalam pembelian.
4.2.6. Variabel Keputusan Pembelian
Tabel 4.17
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Berminat Membeli Setelah Merasakan Adanya Kebutuhan atau Keinginan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 42 | 42,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (49,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli setelah merasakan adanya kebutuhan atau keinginan.
Tabel 4.18
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Sebelum Saya Berminat Membeli Produk Telah Mencari Informasi
dan Sumber-Sumber yang Berkaitan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 50 | 49,0% |
Setuju | 38 | 42,0% |
Tidak Setuju | 12 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (50,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan sebelum berminat membeli produk, responden telah mencari informasi dan sumber-sumber yang berkaitan.
Tabel 4.19
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Sebelum Saya Berminat Membeli Melakukan Penilaian
dan Seleksi terhadap Berbagai Alternatif
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 46,0% |
Setuju | 45 | 45,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan sebelum berminat membeli produk, responden melakukan penilaian dan seleksi terhadap berbagai alternatif.
Tabel 4.20
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Memutuskan Berminat Membeli untuk Memenuhi Keinginan dan Kebutuhan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 46,0% |
Setuju | 34 | 34,0% |
Tidak Setuju | 20 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli karena untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Tabel 4.21
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Memutuskan Membeli Setelah Melakukan Pertimbangan
dari Mengevaluasi Sampai dengan Penilaian Berbagai Alternatif
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 42 | 42,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (49,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli setelah responden melakukan pertimbangan dari mengevaluasi sampai dengan penilaian berbagai alternatif.
4.3. Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kebab Turki Baba Rafi
Dengan analisis regresi hubungan antara atribut produk terhadap perilaku membeli produk digunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap perilaku membeli. Adapun bentuk persamaan regresinya adalah :
Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3+ b4X4+ b5X5 + ei
Keterangan :
Y = Keputusan Pembelian
X1 = Harga
X2 = Rasa atau Aroma
X3 = Kemasan
X4 = Pelayanan
X5 = Ukuran
b0 = Konstanta
b0,......., b5 = Koefisien Regresi
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program komputer, hasil output dapat diringkas sebagai berikut :
Tabel 4.22
Hasil Regresi Linier Berganda Metode OLS
Variabel | Koefisien Regresi | Standart Error | t-statistik | Probabilitas |
Konstanta | 1,192 | 0,647 | 1,843 | 0,068 |
Harga (X1) | 0,366 | 0,155 | 2,357 | 0,020 |
Rasa atau Aroma (X2) | 0,239 | 0,106 | 2,255 | 0,029 |
Kemasan (X3) | 0,056 | 0,026 | 2,154 | 0,034 |
Pelayanan (X4) | 0,357 | 0,125 | 2,846 | 0,005 |
Ukuran (X5) | 0,350 | 0,127 | 2,749 | 0,007 |
R2 : 0,415 | ||||
Adjusted R2 : 0,413 | ||||
F-statistik : 8,627 | ||||
N : 100 |
Sumber: Hasil Olah Data Regresi Linier Berganda, 2007.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00 diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda sebagai berikut :
Y = 1,192 + 0,366X1 + 0,239X2 + 0,056X3 + 0,357X4 + 0,350X5
4.4. Pengujian Hipotesis
Uji t dan uji F digunakan untuk membuktikan pengaruh harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta secara individual ( uji t ) dan secara serempak ( uji F ) dengan asumsi bahwa variabel yang lain tetap atau konstan. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian koefisien korelasi berganda dan koefisien korelasi parsial. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00 diperoleh hasil sebagai berikut :
a. Pengujian Secara Serempak
Uji F adalah uji simultan yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian.
· Perumusan hipotesis
Ho : b1 = b2 = b3= b4 = b5 = 0 (Tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi secara simultan).
Ha : b1 = b2 = b3= b4 = b5 ≠ 0 (Ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi secara simultan).
· Kriteria pengujian
Bila F-statistik > F-tabel, maka Ho ditolak, artinya secara simultan variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi.
Bila F-statistik ≤ F-tabel, maka Ho diterima, artinya secara simultan variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi.
· Dengan level of significant (α) 5 % dan df pembilang k-1 = 5-1 = 4 dan penyebut n-k = 100-5 = 95, diperoleh F-tabel = 2,45.
· Statistik uji F = 8,627.
· Hasil uji :
Diperoleh nilai F-statistik= 8,627 > F-tabel = 2,45, maka Ho ditolak atau Ha diterima, artinya ada pengaruh secara simultan antara harga (X1), rasa atau aroma (X2), kemasan (X3),pelayanan (X4), dan ukuran (X5) terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y).
Bab ini menjelaskan analisis hasil penelitian mengenai analisis atribut produk dalam pembelian Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta. Pembahasan analisis hasil penelitian ini dimulai dari analisis kualitatif yang meliputi profil responden, analisis deskripsi variabel penelitian, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis.
Seperti telah dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden penelitian yaitu pada konsumen Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling.
Dalam penelitian ini disebarkan 110 kuesioner pada 100 responden. Kuesioner yang dikembalikan sebanyak 100 eksemplar, jadi respon rate-nya sebanyak 90,91%. Kuesioner yang terjawab lengkap dengan baik dan layak dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 100 kuesioner.
Rincian perolehan kuesioner dalam penelitian ini dapat dilihat pada lampiran rekapitulasi data. Setelah data terkumpul, kemudian data diedit (editing), diberi kode (coding), dan ditabulasikan (tabulating). Untuk selanjutnya dianalisis dengan bantuan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00.
4.1. Profil Responden
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 100 reponden, maka dapat diidentifikasikan mengenai karakteristik responden sebagai berikut :
a. Gender
Berdasarkan gender, maka responden dalam penelitian ini diklasifikasikan sebagai berikut :
Tabel 4.1
Klasifikasi Responden Berdasarkan Gender
No | Gender | Jumlah | Persentase |
1 | Laki-laki | 51 | 51,0% |
2 | Perempuan | 49 | 49,0% |
Total 100 100% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007.
Berdasarkan tabel 4.1 di atas bahwa responden dalam penelitian ini sebagian besar adalah laki-laki sebanyak 51 responden atau 51,0% dan perempuan sebanyak 49 responden atau 49,0%.
b.Penghasilan
Berdasarkan penghasilan, maka responden dalam penelitian ini diklasifikasikan sebagai berikut :
Tabel 4.2
Klasifikasi Responden Berdasarkan Penghasilan
No | Penghasilan | Jumlah | Persentase |
1 | < Rp 1.000.000 | 26 | 26,0% |
2 | Rp. 1.000.000 – Rp. 2.000.000 | 41 | 41,0% |
3 | Rp. 2.000.001 – Rp. 3.000.000 | 14 | 14,0% |
4 | > Rp 3.000.000 | 19 | 19,0% |
Total 100 100% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel 4.2 di atas bahwa responden dalam penelitian ini adalah sebagian besar berpenghasilan Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000 sebanyak 41 responden atau 41,0% dan sebagian kecil berpenghasilan Rp 2.000.001 – Rp 3.000.000 sebanyak 14 responden atau 14,0%. Responden yang berpenghasilan < Rp 1.000.000 sebanyak 26 responden atau 26,0% dan responden yang berpenghasilan > Rp 3.000.000 sebanyak 19 responden atau 19,0%.
4.2. Deskripsi Tentang Responden yang Digunakan untuk Penelitian
Seperti tersebut di depan bahwa ada 100 responden yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan variabel yang dikemukakan ada 6, dan masing-masing variabel terdiri dari beberapa atribut.
Berdasar hal tersebut maka uraian tentang hasil dari penelitian lapangan dilaporkan sebagai berikut :
4.2.1. Variabel Harga
Tabel 4.3
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Kualitas Masakan yang Disajikan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 40 | 40,0% |
Setuju | 57 | 57,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (57,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan kualitas masakan yang disajikan.
Tabel 4.4
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Fasilitas yang Dimiliki
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 17 | 17,0% |
Setuju | 77 | 77,0% |
Tidak Setuju | 6 | 6,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (77,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan fasilitas yang dimiliki.
Tabel 4.5
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Harga di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Pelayanan yang Diberikan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 19 | 19,0% |
Setuju | 77 | 77,0% |
Tidak Setuju | 4 | 4,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (77,0%) menilai harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa harga harga kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan pelayanan yang diberikan.
4.2.2. Variabel Rasa atau Aroma
Tabel 4.6
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Rasa Kebab Turki Baba Rafi Lezat
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 70 | 70,0% |
Setuju | 30 | 30,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (70,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang lezat.
Tabel 4.7
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kebab Turki Baba Rafi Memiliki Aroma atau Cita Rasa yang Sedap dan Khas
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 64 | 64,0% |
Setuju | 36 | 36,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (64,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang memiliki aroma atau cita rasa yang sedap dan khas.
Tabel 4.8
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Selera Konsumen
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 51 | 51,0% |
Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (51,0%) menilai rasa atau aroma Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa rasa Kebab Turki Baba Rafi memang sesuai dengan selera konsumen.
4.2.3. Variabel Kemasan
Tabel 4.9
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Kemasan Dapat Memenuhi Sasaran Berupa Keamanan dan Kemanfaatan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 16 | 16,0% |
Setuju | 69 | 69,0% |
Tidak Setuju | 15 | 15,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (69,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memiliki kemasan yang dapat memenuhi sasaran berupa keamanan dan kemanfaatan.
Tabel 4.10
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan Kemasan di Kebab Turki
Baba Rafi Mempunyai Identifikasi dengan Produk Pesaing
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 17 | 17,0% |
Setuju | 69 | 69,0% |
Tidak Setuju | 14 | 14,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (69,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi mempunyai identifikasi dengan produk pesaing.
Tabel 4.11
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Ada Bentuk dan Ciri Kemasan yang Menarik
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 41 | 41,0% |
Setuju | 22 | 22,0% |
Tidak Setuju | 33 | 33,0% |
Sangat Tidak Setuju | 4 | 4,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (41,0%) menilai kemasan Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memiliki bentuk dan ciri kemasan yang menarik.
4.2.4. Variabel Pelayanan
Tabel 4.12
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Pelayanan di Kebab Turki Baba Rafi Menyenangkan, Cepat dalam Penyajian
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 24 | 24,0% |
Setuju | 73 | 73,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (73,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memberikan pelayanan yang menyenangkan dan cepat dalam penyajian.
Tabel 4.13
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Pelayanan di Kebab Turki Baba Rafi Didukung Penampilan Karyawan yang Rapi, Ramah dan Selalu Siap Membantu
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 21 | 21,0% |
Setuju | 59 | 59,0% |
Tidak Setuju | 20 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (59,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi memberikan pelayanan yang memang didukung oleh penampilan karyawan yang rapi, ramah dan selalu siap membantu.
Tabel 4.14
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Tercipta Suasana dengan Kebersihan yang Selalu Terjaga
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 21,0% |
Setuju | 45 | 59,0% |
Tidak Setuju | 9 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai pelayanan yang diberikan Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa Kebab Turki Baba Rafi telah tercipta suasana dengan kebersihan yang selalu terjaga.
4.2.5. Variabel Ukuran
Tabel 4.15
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Ukuran di Kebab Turki Baba Rafi Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 12 | 12,0% |
Setuju | 62 | 62,0% |
Tidak Setuju | 26 | 26,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (62,0%) menilai ukuran Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa ukuran kebab di Kebab Turki Baba Rafi sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Tabel 4.16
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Dengan Berbagai Macam Ukuran yang Ditawarkan Memberikan
Kemudahan dalam Pembelian
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 47 | 47,0% |
Setuju | 50 | 50,0% |
Tidak Setuju | 3 | 3,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (50,0%) menilai ukuran Kebab Turki Baba Rafi, setuju. Hal ini menunjukkan bahwa kebab di Kebab Turki Baba Rafi memiliki berbagai macam ukuran yang ditawarkan memberikan kemudahan dalam pembelian.
4.2.6. Variabel Keputusan Pembelian
Tabel 4.17
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Berminat Membeli Setelah Merasakan Adanya Kebutuhan atau Keinginan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 42 | 42,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (49,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli setelah merasakan adanya kebutuhan atau keinginan.
Tabel 4.18
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Sebelum Saya Berminat Membeli Produk Telah Mencari Informasi
dan Sumber-Sumber yang Berkaitan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 50 | 49,0% |
Setuju | 38 | 42,0% |
Tidak Setuju | 12 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (50,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan sebelum berminat membeli produk, responden telah mencari informasi dan sumber-sumber yang berkaitan.
Tabel 4.19
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Sebelum Saya Berminat Membeli Melakukan Penilaian
dan Seleksi terhadap Berbagai Alternatif
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 46,0% |
Setuju | 45 | 45,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan sebelum berminat membeli produk, responden melakukan penilaian dan seleksi terhadap berbagai alternatif.
Tabel 4.20
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Memutuskan Berminat Membeli untuk Memenuhi Keinginan dan Kebutuhan
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 46 | 46,0% |
Setuju | 34 | 34,0% |
Tidak Setuju | 20 | 20,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (46,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli karena untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Tabel 4.21
Penilaian Responden terhadap Item Pertanyaan
Saya Memutuskan Membeli Setelah Melakukan Pertimbangan
dari Mengevaluasi Sampai dengan Penilaian Berbagai Alternatif
Kategori | Frekuensi | Persentase |
Sangat Setuju | 49 | 49,0% |
Setuju | 42 | 42,0% |
Tidak Setuju | 9 | 9,0% |
Sangat Tidak Setuju | 0 | 0,0% |
Total | 100 | 100,0% |
Sumber : Data Primer Diolah, 2007
Berdasarkan tabel di atas dari 100 responden yang diambil sebagai sampel, diketahui kebanyakan responden (49,0%) menilai perilaku membeli di Kebab Turki Baba Rafi, sangat setuju. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen memutusan membeli kebab di Kebab Turki Baba Rafi dan berminat membeli setelah responden melakukan pertimbangan dari mengevaluasi sampai dengan penilaian berbagai alternatif.
4.3. Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kebab Turki Baba Rafi
Dengan analisis regresi hubungan antara atribut produk terhadap perilaku membeli produk digunakan analisis regresi linier berganda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap perilaku membeli. Adapun bentuk persamaan regresinya adalah :
Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3+ b4X4+ b5X5 + ei
Keterangan :
Y = Keputusan Pembelian
X1 = Harga
X2 = Rasa atau Aroma
X3 = Kemasan
X4 = Pelayanan
X5 = Ukuran
b0 = Konstanta
b0,......., b5 = Koefisien Regresi
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program komputer, hasil output dapat diringkas sebagai berikut :
Tabel 4.22
Hasil Regresi Linier Berganda Metode OLS
Variabel | Koefisien Regresi | Standart Error | t-statistik | Probabilitas |
Konstanta | 1,192 | 0,647 | 1,843 | 0,068 |
Harga (X1) | 0,366 | 0,155 | 2,357 | 0,020 |
Rasa atau Aroma (X2) | 0,239 | 0,106 | 2,255 | 0,029 |
Kemasan (X3) | 0,056 | 0,026 | 2,154 | 0,034 |
Pelayanan (X4) | 0,357 | 0,125 | 2,846 | 0,005 |
Ukuran (X5) | 0,350 | 0,127 | 2,749 | 0,007 |
R2 : 0,415 | ||||
Adjusted R2 : 0,413 | ||||
F-statistik : 8,627 | ||||
N : 100 |
Sumber: Hasil Olah Data Regresi Linier Berganda, 2007.
Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00 diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda sebagai berikut :
Y = 1,192 + 0,366X1 + 0,239X2 + 0,056X3 + 0,357X4 + 0,350X5
4.4. Pengujian Hipotesis
Uji t dan uji F digunakan untuk membuktikan pengaruh harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi di Yogyakarta secara individual ( uji t ) dan secara serempak ( uji F ) dengan asumsi bahwa variabel yang lain tetap atau konstan. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian koefisien korelasi berganda dan koefisien korelasi parsial. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan program statistik komputer SPSS for Windows Release 13.00 diperoleh hasil sebagai berikut :
a. Pengujian Secara Serempak
Uji F adalah uji simultan yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel dimensi atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian.
· Perumusan hipotesis
Ho : b1 = b2 = b3= b4 = b5 = 0 (Tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi secara simultan).
Ha : b1 = b2 = b3= b4 = b5 ≠ 0 (Ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi secara simultan).
· Kriteria pengujian
Bila F-statistik > F-tabel, maka Ho ditolak, artinya secara simultan variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi.
Bila F-statistik ≤ F-tabel, maka Ho diterima, artinya secara simultan variabel harga, rasa atau aroma, kemasan, pelayanan, dan ukuran tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi.
· Dengan level of significant (α) 5 % dan df pembilang k-1 = 5-1 = 4 dan penyebut n-k = 100-5 = 95, diperoleh F-tabel = 2,45.
· Statistik uji F = 8,627.
· Hasil uji :
Diperoleh nilai F-statistik= 8,627 > F-tabel = 2,45, maka Ho ditolak atau Ha diterima, artinya ada pengaruh secara simultan antara harga (X1), rasa atau aroma (X2), kemasan (X3),pelayanan (X4), dan ukuran (X5) terhadap keputusan pembelian Kebab Turki Baba Rafi (Y).
0 Response to "Contoh ANALISA DATA "
Post a Comment