Berita Hangat Hari Ini

Pengertian Manajemen dan Manager

Pengertian Manajemen
Pengertian manajemen terdiri atas beberapa segi, yaitu

1. Pengertian Manajemen Ditinjau Dari Segi Seni

Pengertian manajemen ditinjau dari segi seni dikemukakan oleh Mary Parker Follet. Follet berpendapat bahwa pengertian manajemen ialah seni (art) dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.



2. Pengertian Manajemen Ditinjau Dari Segi Ilmu Pengetahuan

Pengertian manajemen ditinjau dari segi ilmu pengetahuan dikemukakan oleh Luther Gulick. Gulick mengatakan bahwa pengertian manajemen adalah bidang pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja sama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemanusiaan.

3. Pengertian Manajemen Ditinjau Dari Segi Proses

Pengertian manajemen ditinjau dari segi proses menurut James A.F. Stoner. Stoner berpendapat bahwa definisi manajemen adalah proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), kepemimpinan (leadership) dan pengawasan (controlling) kegiatan anggota dan tujuan penggunaan organisasi yang sudah ditentukan.

B. PENGERTIAN MANAJER

Harold Koontz dan Heinz Weihrich, dua orang pakar dalam bidang manajemen, menyatakan bahwa Manajer adalah mereka yang melaksanakan tugas-tugas dan fungsi-fungsi manajemen, pada setiap tingkatan perusahaan jenis manapun juga.


C. TINGKATAN MANAJER DAN TANGGUNG JAWABNYA

Menurut tingkatanya, manajer dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Top Manejer ( Manajer Puncak)

Top manajer jabatan yang paling tinggi di dalam sebuah perusahaan organisasi, bertangung jawab terhadap perusahaan secara keseluruhan. Tugasnya adalah menetapkan tujuan, strategi, dan kebijakan perusahaan secara umum, yang kemudian akan diterjemahkan lebih spesifik oleh manajer di bawahnya. Contoh dari tugas-tugas Top manajer adalah membuat kebijakan mengenai rencana perluasan pasar (expantion), kebijakan mengenai kesejahteraan karyawan dan menetapkan besarnya penjualan yang dicapai.


2. Middle Manajer (Manajer Pertengahan)

Tugas Middle manajer adalah mengawasi beberapa unit kerja dan menerapkan rencana sesuai dengan tujuan dan tingkatan yang lebih tinggi. Selanjutnya mereka melaporkan hasil pekerjaanya kepada Top manajer. Contohnya adalah Kepala Klinik suatu Rumah Sakit. Dekan pada suatu Universitas, Manajer Divisi. Posisi Middle manajer berada di antara top manager dan lower manager.


3. Lower Manajer (Manajer Bawah)

Merupakan tingkatan yang paling bawah dalam suatu organisasi, yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Sebutan lain untuk jabatan ini, antara lain supervisor, kepala departemen, dan mandor (foreman). Mereka bertanggung jawab atas satu unit kerja dan diharapakan mampu menyelesaikan tugas dengan tujuan jangka pendek yang sesuai dengan rencana top manager dan middle manager.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Manajemen dan Manager "

Post a Comment