PENDAHULUAN
A Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk melakukan bimbingan terhadap peserta didik oleh pendidik untuk menuju kedewasaan peserta didik. Pendidikan juga dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya guna mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Salah satu tujuan itu antara lain memberi bekal kecerdasan kepada anak untuk digunakan kelak dalam menjalani hidupnya setelah dewasa.
Di satu pihak pendidikan mempersiapkan peserta didik untuk menjadi manusia dengan perilaku yang sesuai dengan nilai, norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat.
Namun demikian tekanan utama tanggung jawab pendidikan adalah berada dipundaknya para orang tua. Dalam kenyataan nampak kepada kita, bahwa secara empiris tidak semua orang tua, sebagai penanggung jawab utama, melakukan kewajibannya sesuai sebagaimana mestinya.
Perhatian orang tua terhadap anak seharusnya dilakukan secara sengaja, intensif dan terkonsentrasi dengan penuh rasa kasih sayang dalam pelaksanaannya demi prestasi belajar anak dan perkembangan kepribadiannya.
Dalam kaitan ini maka nampak ada kesenjangan antara keharusan orangtua melakukan kewajibannya dengan kenyataan di dalam praktek secara empiris. Apakah ada pengaruh antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar anak atau siswa.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Sejauhmanakah faktor-faktor perhatian orangtua mempengaruhi prestasi belajar siswa?
2. Diantara faktor –faktor pengaruh perhatian orang tua, faktor apakah yang lebih mempengaruhi keberhasilan belajar anak?
3. Apakah bentuk perhatian yang dilakukan orang tua dapat mempengaruhi belajar anak?
4. Apakah orang tua sudah mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa?
C. Batasan Masalah
Berhubung luasnya cakupan pengaruh yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, maka berbagai pengaruh tersebut tidak memungkinkan untuk diteliti saat ini seluruhnya. Oleh karena itu, masalah penelitian dibatasi pada pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa, khususnya mengetahui:
1. Faktor-faktor pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa.
2. Faktor apakah yang lebih mempengaruhi keberhasilan belajar anak.
3. Bentuk perhatian yang dilakukan orang tua dapat mempengaruhi belajar anak.
4. Hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa.
Dalam latar belakang telah dijelaskan tentang pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa. Dari masalah-masalah yang ada dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1. Apa saja faktor pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa ?
2. Apa saja bentuk perhatian orang tua terhadap belajar siswa?
3. Bagaimanakah hubungan perhatian orang tua dengan belajar siswa?
E. Tujuan Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis mempunyai tujuan yang hendak dicapai yaitu :
1. Mengetahui faktor pengaruh perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa.
2. Mengetahui macam-macam perhatian orangtua terhadap belajar anak.
3. Mengetahui bentuk perhatian orang tua terhadap belajar anak
4. Mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa.
F. Manfaat Penelitian
Adapun kegunaan penelitian adalah sebagai berikut:
1. Kegunaan secara teoritis
a. Bagi penulis, dapat menambah pengetahuan tentang pengaruh perhatian belajar anak oleh orangtua terhadap prestasi belajar.
b. Bagi pembaca, dapat menambah wawasan tentang pengaruh perhatian belajar anak oleh orangtua terhadap prestasi belajar.
2. Kegunaan secara praktis
a. Untuk mendorong para orangtua agar selalu memperhatikan anak terutama dalam masalah pengawasan, perhatian, pengontrolan, dan pendidik anak.
b. Sebagai pedoman bagi para orangtua agar selalu memperhatikan prestasi belajar anak.
c. Sebagai pedoman bagi para orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak.
METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional. Penelitian korelasional mengkaji hubungan antara variabel. Metode analitik korelasi pada penelitian ini digunakan untuk mengukur hubungan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian baik terdiri dari benda yang nyata, abstrak, peristiwa ataupun gejala yang merupakan sumber data dan memiliki karakter tertentu dan sama
. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP, berjumlah 61 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu VIII A dan VIII B.
Kelas | L | P | Jumlah |
VIII A | 14 | 16 | 30 |
VIII B | 15 | 16 | 31 |
Jumlah | 29 | 32 | 61 |
2. Sampel
Sampel merupakan sub unit atau bagian dari populasi penelitian. Sampel dimaksudkan untuk menggenerasikan hasil kesimpulan sehingga kesimpulan yang diangkat berlaku untuk seluruh subjek yang menjadi populasi.
C. Variabel dan Defenisi Operasional Variabel
Dengan demikian variable dalam penelitian ini adalah dua variable:
a) Variabel Bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi penyebab bagi variabel lain, variabelnya adalah “perhatian orang tua”.
b) Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau disebabkan variabel lain. Variabelnya adalah “prestasi belajar siswa”.
D. Jenis dan Sumber Data
Data yang digunakan dalam penelitian ini secara umum adalah data primer dan data sekunder.
E. Teknik dan Alat Pengumpul Data
Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber asli.
Data sekunder adalah data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui perantara. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis yang telah tersusun dalam dokumen.
1) Kuesioner/ angket
2) Observasi
Observasi adalah pengumpulan data secara sistematis dengan pengamatan terhadap objek,
3) Dokumentasi
Dokumentasi adalah pencarian data dengan cara menghimpun keterangan-keterangan yang diperoleh dari dokumen dari catatan tertentu.
F. Teknik Pengolahan / Analisis Data
Hasil pengolahan data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan dua pendekatan yaitu :
1. Analisis kualitatif yaitu analisis data yang dijabarkan melalui pengamatan yang tidak berupa angka-angka
2. Analisis kuantitaif yaitu analisis terhadap data yang berupa angka-angka dengan cara menggunakan statistik yang relevan dalam bentuk persentase. Maka rumus yang digunakan adalah :
P = F/N x 100%
Keterangan :
P = Persentase (%)
F = Frekuensi atau kategori jabatan
N = Number (Jumlah Frekuensi/individu).
Dengan demikian, metode analisis data yang dipergunakan dalam skripsi ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, yaitu sumber dari hasil angket, interview, observasi dan dokumentasi, guna memperoleh sesuatu kesimpulan yang betul-betul akurat dan dapat dipertanggung jawabkan.
0 Response to "Contoh Pembuatan Latar Belakang Masalah "
Post a Comment