Berita Hangat Hari Ini

Membuat Telur Asin Tanpa Bau Anyir


Membuat Telur Asin Tanpa BauAnyir.Telur asin yang banyak beredar di masyarakat adalah telur itik yang diasin. Sebagaimana diketahui, aroma asli telur itik lebih anyir dibandingkan dengan telur ayam.  Keanyiran ini bukan hanya ada pada telur yang dihasilkan oleh itik-itik yang digembalakan di sawah tetapi juga pada telur itik yang diternakan secara intensif.  Dengan kata lain, sudah bawaannya telur itik itu anyir.  Keanyiran telur itik pun tetap tercium pada telur yang diasinkan.
Tetapi, sesungguhnya bau khas telur itik ini dapat dikurangi dengan bahan alami.  Sebut saja bawang putih misalnya.  Satu siung bawang putih sangat besar manfaatnya untuk menghilangkan bau anyir pada telur itik.  Bisa dicoba, jika menggoreng telur itik berilah sedikit bawang putih maka telur bukan hanya mengembang  tetapi juga bau anyirnya berkurang sampai hilang.

Cara Pembuatan Telur Asin
Telur asin yang dikehendaki konsumen umumnya adalah yang rasa asinnya sedang (relatif), tidak berbau anyir dan akan sangat menarik  apabila kuning telurnya berwarna kuning tua dan sedikit berninyak.  
Bahan
Telur bebek …………..10 butir
Bubuk bata atau abu …. 1,5 kg
Garam kasar ………….. 300 gr
Bawang putih ………… 50 gr
Air ……………….. …. secukupnya
Cara pembuatannya :
1. Telur itik yang masih segar (baru) dicuci bersih dengan sabun colek.  Digosok-gosok  dengan  menggunakan sabut kelapa.
2. Dibilas dengan air bersih dan ditiriskan.  Kemudian dibilas lagi sampai bau sabunnya hilang sama sekali.  Ditiriskan dan dijemur sampai kulit telurnya kering.
3. Untuk adonan, abu gosok dicampur tumbukan bata merah dan garam dapur.  Diberi air secukupnya, diaduk-aduk sehingga adonan menjadimudah dibentuk.  Bawang putih digerus halus dan dicampurkan pada adonan.
4. Telur segar yang sudah bersih dan kering kulitnya dibalut dengan adonan satu persatu.  Disusun rapih pada ember plastik.  Disimpan pada tempat yang lembab selama 10 – 15 hari.  Lama penyimpanan sangat berpengaruh terhadap rasa telur asin, makin lama disimpan makin asin.
5. Setelah mencapai waktu yang ditetapkan, 10 hari misalnya.  Maka balutan adonan dilepaskan, dicucu bersih dan ditiriskan.
6. Kemudian direbus menggunakan panci terbuka (tidak ditutup) dengan  api tidak terlalu besar.  Perebusan yang baik umumnya kurang-lebih  selama 4 jam.
7. Telur yang sudah matang, diangkat dan ditiriskan.  Maka telur asin tanpa bau anyir siap dihidangkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Telur Asin Tanpa Bau Anyir"

Post a Comment