INTRO….
1. Metodologi :
Metode -> cara yg tepat utk melakukan sesuatu
Logos -> ilmu atau pengetahuan
Metodologi -> cara melakukan sesuatu dgn menggunakan pikiran secara
seksama utk mencapai suatu tujuan.
· Penelitian -> suatu kegiatan utk mencari, mencatat, merumuskan &
menganalisis sampai menyusun laporannya, terhadap
suatu permasalahan
2. Pendapat Orang :
Pemikiran yg sistematis mengenai berbagai jenis masalah yg pemecahannya memerlukan pengumpulan & penafsiran fakta2 (David H. Penny)
Penyelidikan dr suatu bidang ilmu pengetahuan yg dijalankan utk memperoleh fakta2 atau prinsip2 dgn sabar, hati2 serta sistematis (J. Suprapto MA)
Usaha utk menemukan, mengembangkan & menguji kebenaran suatu pengetahuan (Sutrisno Hadi MA)
3. Pengertian :
Suatu cabang ilmu pengetahuan yg membicarakan /mempersoalkan mengenai cara-cara melaksanakan penelitian (yaitu meliputi kegiatan2 mencari, mencatat, merumuskan, menganalisis sampai menyusun laporannya) berdasarkan fakta2 atau gejala2 secara ilmiah.
Ilmu yg mempelajari cara2 melakukan pengamatan dgn pemikiran yg tepat secara terpadu melalui tahapan2 yg disusun secara ilmiah utk mencari, menyusun serta menganalisis & menyimpulkan data2, sehingga dpt digunakan utk menemukan, mengembangkan & menguji kebenaran suatu pengetahuan berdasarkan bimbingan Tuhan.
4. Perkembangan Metode Penelitian :
· Trial & error
· Problematic tidak dibatasi dgn jelas
· Tata kerja & cara2 pemecahan masih dicari sambil berjalan
· Observasi yg dilakukan sederhana & kualitatif
· Mencoba & mencoba lagi
· Authority & tradition
· Pendapat2 pimpinan selalu dikutip & dijadikan doktrin yg harus diikuti.
· Tradisi dlm kehidupan manusia memegang peranan penting.
· Speculation & argument
Orang terlalu mendewakan akal & ketangkasan lidah, kebenaran dpt dicapai dgn akal (pikir) & ucapan.
Hypothesis & eksperimen
Orang menggunakan ketajaman pikiran utk membuat dugaan2, mengumpulkan fakta2, dan menarik kesimpulan2 umum.
Analisa dilakukan dgn hati2, cermat & tajam terhadap fakta2 yg diperoleh dari eksperimentasi, dokumen2 sejarah, observasi2, dsb.
5. Ilmiah & Non-Ilmiah :
Ilmiah: Dilakukan cara-cara dengan tata urutan tertentu sehingga tercapai ilmu pengetahuan yg benar atau logis.
Skeptik : upaya utk selalu menanyakan bukti2 atau fakta2 terhadap setiap pernyataan.
Analitik : kegiatan utk selalu menimbang-nimbang setiap permasalahan yg dihadapi, mana yg relevan, mana yg menjadi masalah utama, dsb.
Kritik : berupaya utk mengembangkan kemampuan menimbangnya selalu obyektif.
Non-Ilmiah :
Akal sehat (Common sense) : serangkaian konsep/bagan konsep utk penggunaan secara praktis dlm memecahkan suatu masalah.
Prasangka : pencapaian pengetahuan yg diwarnai kepentingan orang yg melakukannya -> pembuatan generalisasi yg terlalu luas.
Otoritas ilmiah : orang2 yg biasanya berpendidikan tinggi & dianggap mempunyai keahlian.
Otoritas wibawa : orang2 yg dipilih atau dianggap sebagai pemimpin masyarakat.
Penemuan kebetulan & coba-coba : didasarkan atas tindakan yg bersifat untunguntungan.
Pendekatan intuitif (dorongan hati) : didapat melalui proses yg cepat tanpa disadari atau terpikir lebih dulu
6. Jenis Penelitian :
Penggolongan menurut bidangnya: penelitian pendidikan, sejarah, bahasa, ilmu teknik, ekonomi, dll
Penggolongan menurut tempatnya : lab., perpustakaan, lapangan
Penggolongan menurut pemakaiannya: murni, dan terpakai /terapan
Penggolongan menurut tujuan umumnya : eskploratif, developmental, dan verifikatif
Penggolongan menurut tarafnya : deskriptif dan inferensial
7. Tahapan Penelitian Lapangan :
Menetapkan obyek atau pokok persoalan
Menentukan isi & meletakkan arah utk kegiatan2 penelitian
Menentukan metodologi yg cocok digunakan utk memecahkan masalah
Membatasi obyek
Membatasi luasnya & memberikan formulasi2 yg tegas terhadap pokok persoalan
Pedoman kerja
Mencegah kemungkinan timbulnya kerancuan pengertian & kekaburan wilayah persoalannya
Mengumpulkan data atau informasi
Data atau informasi yg berhubungan dgn pokok persoalan yg dikumpulkan
Mengolah data dan menarik kesimpulan
Menyaring & mengatur data atau informasi yg sudah masak.
Merumuskan dan melaporkan hasilnya
Melaporkan hasil penyelidikan ke public utk digunakan atau diuji kebenarannya
Mengemukakan implikasi2 penyelidikan
Menyebutkan konsekuensi2 terpenting dan rekomendasi2 utk aktivitas dikemudian hari.
8. Tahapan Penelitian Murni :
Studi Literature:
Menetapkan Tema Penelitian
Mencari Satu atau Lebih Alternatif/Solusi Pemecahan
Mencoba Solusi-Solusi Tersebut dan Melakukan Perbandingan dengan Solusi yang Sudah Ada
Melaporkan hasil
9. Tahapan Penelitian Pengembangan Sistem Informasi :
· Studi Lapangan
· Studi Literature
· Analisa Sistem
· Pengembangan Database
· Pengembangan Sistem
· Uji Coba
· Penerapan
10. Tahapan Penelitian Pengembangan Sistem Terapan :
· Studi Lapangan
· Studi Literature
· Penentuan Metode Yang Diterapkan
· Analisa Sistem
· Pengembangan Database (Optional)
· Pengembangan Sistem
· Uji Coba
· Penerapan
Tema Penelitian …..
1. Pemilihan Tema Penelitian :
· Unsur Utama
1. Tema penelitian belum pernah diteliti oleh orang lain
2. Tema penelitian dapat dijangkau
3. Tema penelitian berguna untuk diselidiki
Unsur Penunjang
1. Tema penelitian dapat dikuasai
2. Data tersedia untuk tema penelitian yang dipilih
3. Tema penelitian menarik untuk diselidiki
2. Belum Diteliti :
· Tema penelitian yang dipilih belum pernah diselidiki orang lain
· Perlu mengikuti studi literature yang lengkap dan mendetail
1. Harus ada yang lain dengan yang sudah pernah dilakukan: metode yang lain, data yang lain, pembanding yang lain dll
· Untuk penelitian terapan: perlu melakukan studi lapangan terhadap objek yang menjadi tema penelitian
3. Dapat Diteliti :
Perlu untuk mempelajari apakah tema penelitian yang dipilih bisa diselidiki atau tidak.
1. Tingkat kesulitan tema penelitian
2. Kondisi politik
3. Kondisi sosial ekonomi
4. Kondisi waktu
· Jangan berpikir terlalu ideal, walaupun harus terus memikirkan bahwa penelitian yang dilakukan harus berguna untuk kepentingan orang banyak
4. Signifikan :
Perlu untuk mempelajari apakah penelitian yang dilakukan benar-benar berguna untuk kepentingan umum
1. Secara langsung kepada masyarakat
2. Terhadap ilmu pengetahuan
3. Terhadap sistem-sistem kemasyarakatan yang ada
4. Terhadap perusahaan-perusahaan swasta
· Walaupun masih memiliki unsur prediksi, tetapi benar-benar perlu dilihat apakah penelitian tersebut mempunyai nilai
5. Dapat Dikelola :
Ruang lingkup tema penelitian yang dipilih harus dapat diatur oleh peneliti yang berkepentingan baik dari segi:
1. Isi penelitian
2. Kemampuan peneliti
3. Time-frame
· Harus membuat kejelasan lingkup penelitian dan menyesuaikannya dengan time-frame yang memungkinkan
6. Dapat Memberikan Hasil :
Perlu untuk mempelajari tingkat kemungkinan tema penelitian yang dipilih akan memberikan hasil yang diinginkan
1. Metode yang tidak terlalu sulit
2. Lapangan yang memungkinkan untuk dijangkau
3. Responden yang memungkinkan untuk memberikan keterangan
4. Reference yang memadai
· Perlu untuk mempersiapkan semua aspek, agar tidak mengalami kesulitan di pertengahan jalan
7. Menarik :
Walaupun hal ini merupakan faktor pendukung, tetapi merupakan hal yang mempunyai dukungan terbesar keberhasilan suatu penelitian
Peneliti harus mempunyai minat yang cukup tinggi terhadap tema penelitian yang akan diselidiki
1. Idealnya, jangan memilih topik atas permintaan orang lain. Akan tetapi perlu juga untuk mengetahui apakah peneliti itu mempunyai kemampuan untuk melakukannya.
· Diskusi antar stakeholders sangat diperlukan
8. Sumber Tema Penelitian :
Studi Literature
1. Tulisan ilmiah, buku-buku, majalah dll
· Studi Lapangan
1. Pemerintah, Perusahaan, Sekolah, Kota, Desa dll
· Diskusi Ilmiah
1. Diskusi ilmiah khusus maupun diskusi umum dengan para stakeholders
· Pemikiran Sendiri
1. Berdasarkan pengalaman atau pengamatan sendiri
9. Teori dan Hipotesis :
· Teori
1. Merupakan landasan dasar suatu permasalahan
2. Umumnya sudah terbukti kebenarannya
· Hipotesis
1. Landasan dasar yang perlu dibuktikan kebenarannya
2. Null Hypothesis (H0): Hypothesis yang menyatakan bahwa karakteristik sample hasil penelitian sama dengan karakteristik sample awal
3. Alternative Hypothesis (Ha): Hypothesis yang menyatakan bahwa karakteristik sample hasil penelitian berbeda dengan karakteristik sample awal
10. Teori dan Hipothesis (Examples) :
· Teori
1. A (1996) menjelaskan bahwa jumlah kelompok mutual funds tergantung pada karakteristik dari fund yang ada
2. B (2005) menyatakan bahwa kinerja sebuah universitas akan lebih efektif bila lebih banyak penelitian tercakup di dalam kurikulum
· Hipothesis
1. Jumlah kelompok mutual funds tergantung pada karakteristik dari fund yang ada
2. Kinerja sebuah universitas akan lebih efektif bila lebih banyak penelitian tercakup di dalam kurikulum
11. Pemilihan Tema Untuk Pengembangan Sistem :
· Studi lapangan, studi literature, dan diskusi
· Tidak perlu mengembangkan hypothesis
· Teori-teori yang perlu dipelajari umumnya berguna agar pengembangan sistem dan sistem yang dikembangkan dapat menjadi lebih efektif dan efesien
· Hati-hati: Karena duplikasi topik akan mudah untuk terjadi, terutama dengan topik yang sudah dikembangkan di institusi-institusi lain
0 Response to "Pembahasan Tentang Metode Penelitian"
Post a Comment