Berita Hangat Hari Ini

Keterampilan manajemen komunikasi

Keterampilan manajemen komunikasi mutlak diperlukan oleh para praktisi komunikasi agar mereka bisa menjadi lebih profesianal dalam aktifitasnya. Menjadi lebih profesional dalam setting perusahaan mengandaikan bahwa praktisi komunikasi tidak semata-mata berada dalam posisi diperintah melainkan juga dalam posisi memerintah, ikut mengarahkan dan mengatur program komunikasi macam apa yang harus dijalankan perusahaan. Sebagai upaya untuk menjadi profesional itulah seorang praktisi komunikasi harus membekali diri dengan kemampuan manajerial. 

Kemampuan manajerial akan menempatkan seorang sarjana komunikasi untuk tidak hanya berperan sebagai teknisi komunikasi namun juga akan mampu berperan sebagai manajer komunikasi. Perbedaan diantara keduanya adalah sebagai berikut: 

· Teknisi komunikasi (communication technician) menjalankan pekerjaannya hanya berdasarkan keterampilan komunikasi atau keterampilan jurnalistik yang dimiliki, misalnya menulis, menyunting, membuat pesan melalui media audio visual dan sebagainya. Mereka tidak ikut dalam pembuatan keputusan organisasi dan mereka hanya mengimplementasikan keputusan-keputusan yang dibuat orang lain. Mereka juga tidak melakukan riset baik untuk perencanaan maupun untuk evaluasi. 

· Manajer Komunikasi (communication manager) melakukan penelitian secara sistematis dan melakukan perencanaan untuk setiap program komunikasi organisasi. Mereka mengelola program-program komunikasi organisasi, memberi pertimbangan pada manajemen dan membuat keputusan tentang kebijakan komunikasi perusahaan. Seorang manajer komunikasi ikut dalam proses pengambilan keputusan pada tingkat puncak pada perusahaan. 



Pada dasarnya pengembangan karir dalam bidang komunikasi memang dimulai dari peran teknisi komunikasi. Setelah melewati masa kerja tertentu barulah seorang praktisi komunikasi mengalami peningkatan karir menjadi seorang supervisor, yang merupakan peran manajer tingkat bawah untuk selanjutnya naik menjadi manajer tingkat menengah dan bukan tidak mungkin pada akhirnya seorang praktisi komunikasi juga bisa mencapai jenjang karir sebagai manajer puncak. 

Untuk mencapai itu semua, penguasaan aspek-aspek ilmu manajemen dan bisa mengaplikasikannya ke dalam program-program komunikasi sehingga menghasilkan suatu kegiatan komunikasi yang efektif mutlak diperlukan, dan dalam mata kuliah Manajemen Komunikasi inilah tersedia jawabannya. 


GLOBAL MATERI MANAJEMEN KOMUNIKASI 

1. Pengertian dasar tentang manajemen dan kaitannya dengan proses komunikasi agar bisa berjalan secara efektif sesuai tujuan komunikasi itu dilaksanakan 

2. Pembahasan mendalam tentang communication networks sampai tingkat evaluasi keberhasilan proses komunikasi 

3. Untuk itu dibutuhkan target yang bisa dijadikan ukuran keberhasilan yaitu : 

a. peningkatan performance dan pengembangan pribadi dalam proses pelaksanaan komunikasi antar persona 

b. Untuk pengembangan institusi baik formal maupun informal 

c. Pada tingkat region dan nation bagaimana penggunaan metode dan sarana komunikasi yang tepat 

4. Adapun tujuan manajemen komunikasi ini adalah untuk : 

a. meningkatkan hasil dan menyelesaikan tujuan komunikasi yang ingin dicapai 

b. mengenalkan variasi dan gagasan baru untuk pengembangan dan peningkatan tujuan, sasaran atau target serta hasil komunikasi yang dilakukan. 

Untuk itu, kita bahas dulu materi tentang manajemen sebagai pengantar. Tapi perlu diingat jangan terjebak menjadi pembahasan manajemen sebagai ilmu murni.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keterampilan manajemen komunikasi "

Post a Comment