Berita Hangat Hari Ini

PENGERTIAN DAN SISTEM PELAYANAN UMUM


Apa pengertian pelayanan umum?
Jawaban  Pelayanan umum merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang atau birokrasi untuk memberikan bantuan dan kemudahan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu.

Pertanyaan:

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor apa penyebab timbulnya pelayanan umum!

Jawaban:
Ada dua faktor penyebab timbulnya pelayanan umum yaitu faktor yang bersifat ideal modern dan yang bersifat material. Faktor yang bersifat ideal modern meliputi adanya: rasa cinta dan kasih sayang, tolong menolong sesamanya dan berbuat baik. Faktor materialnya akan menimbulkan hak dan kewajiban, baik ke dalam maupun ke luar organisasi. Hak ke dalam misalnya: Pertama, hak mendapatkan perlakuan yang sama atas dasar aturan yang adil dan jujur. Kedua, hak atas penghasilan berdasarkan peraturan yang ada; ketiga, hak menjalankan ibadah di tempat kerja. keempat, hak istirahat sesuai dengan konvensi international labour organization (ILO), adalah hak perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Sedangkan kewajiban ke dalam organisasi misalnya: Pertama, menyelesaikan tugas/pekerjaan yang dibebankan kepadanya dalam waktu yang telah ditetapkan. Kedua, melayani keperluan orang yang berkepentingan, baik orang dalam yaitu pegawai maupun orang lain yang bukan pegawai dengan cara dan sikap yang sama. Ketiga, mentaati peraturan organisasi. Keempat, bersikap dan berperilaku sesuai dengan doktrin budaya organisasi.

Pertanyaan  : Jelaskan pengertian sistem pelayanan umum!


Jawaban : Sistem pelayanan umum sebenarnya merupakan satu kesatuan faktor yang dibutuhkan dalam terselenggaranya suatu pelayanan umum. Sistem pelayanan umum ini terdiri atas empat faktor: pertama, sistem, prosedur dan metode; yaitu dalam pelayanan umum perlu adanya sistem informasi, prosedur dan metode yang mendukung kelancaran dalam memberikan pelayanan. Kedua, personil, terutama ditekankan pada prilaku aparatur; dalam pelayanan umum aparatur pemerintah selaku personil pelayanan harus profesional, disiplin dan terbuka terhadap kritik dari pelanggan atau masyarakat. Ketiga, sarana dan prasarana; dalam pelayanan umum diperlukan peralatan dan ruang kerja serta fasilitas pelayanan umum misalnya ruang tunggu, tempat parkir yang memadai. Dan terakhir, masyarakat sebagai pelanggan; dalam pelayanan umum masyarakat sebagai pelanggan sangatlah heterogen baik tingkat pendidikan maupun perilakunya.

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah-masalah yang dihadapi untuk memberikan pelayanan yang berdaya guna dan berhasil guna dapat dilihat dari enam segi, yaitu pertama, segi aparatur pemerintah; kedua, segi masyarakat atau pelanggan; ketiga, segi peraturan perundangan; keempat, segi mekanisme dan prosedur; kelima, segi sarana dan prasarana serta keenam, segi dana

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi aparatur pemerintah untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah yang dihadapi dari segi aparatur pemerintah, antara lain masih adanya perilaku yang tidak konsisten dan konsekuen dari pimpinan tingkat atas sampai tingkat bawah, kurangnya disiplin, kurang profesional, baik menyangkut keterampilan, keahlian dan tingkat pengetahuannya maupun kurangnya kesejahteraan berupa penghasilan yang masih di bawah standar, serta kurangnya motivasi kerja; dan kurangnya keterbukaan.

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi pelanggan/masyarakat untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Dari segi masyarakat atau pelanggan, masalah yang dihadapi adalah adanya tata nilai atau value system yang masih berlaku dalam masyarakat yang kurang mendukung peningkatan pelayanan umum; kurangnya keterbukaan dari anggota masyarakat; budaya masyarakat dan tingkat pendidikan anggota masyarakat yang beraneka ragam, sehingga tidak mendukung peningkatan pelayanan umum; kurangnya kedisiplinan dan tanggung jawab sosial masyarakat; pendapatan masyarakat yang belum memadai sehingga masih dirasakan tingginya biaya dalam memperoleh pelayanan umum; serta kurangnya kesadaran hukum masyarakat.

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi peraturan perundangan untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah yang dihadapi dari segi peraturan perundangan antara lain adanya peraturan perundang-undangan berbagai sektor yang tumpang tindih dan dalam penerapannya oleh setiap sektor sangat memberatkan kepada masyarakat, di samping penyebarluasan informasi tentang peraturan perundangan tersebut masih kurang. Selain itu peraturan perundangan yang menyangkut kepegawaian, tidak menjamin pelaksanaan karier system.

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi mekanisme dan prosedur untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah yang dihadapi dari segi mekanisme dan prosedur sehubungan dengan pelayanan umum misalnya: kurang lengkap atau sempurnanya peraturan pemerintah, baik yang menyangkut juklak maupun juknisnya. Di samping itu belum adanya sistem informasi yang mendukung terhadap kelancaran mekanisme dan prosedur dari suatu pelayanan umum. Adanya perbedaan kepentingan dalam tujuan pelayanan umum itu sendiri yaitu di satu pihak merupakan pendapatan di lain pihak harus melakukan pelayanan kepada masyarakat. Terakhir, kurangnya pengawasan dari atasan langsung. 
 
Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi sarana dan prasarana untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah yang dihadapi dari segi sarana dan prasarana sehubungan dengan pelayanan umum, misalnya : tempat kerja yang kurang memadai sehingga tidak menunjang pelaksanaan tugas. Kurangnya peralatan kerja secara kuantitatif maupun kualitatif dan teknologi sudah ketinggalan dan fasilitas pelayanan umum seperti ruang tunggu, tempat parkir kenderaan kurang memadai.

Pertanyaan : Masalah-masalah apa saja yang dihadapi dari segi dana untuk memberikan pelayanan umum yang efektif dan efisien?


Jawaban : Masalah dana ini biasanya termasuk vital, mengingat aktivitas kegiatan tidak lepas dari dana. Masalahnya adalah dana baik yang berasal dari APBN maupun APBD yang tersedia untuk membiayai berbagai kegiatan pelayanan umum masih belum mencukupi.


Pertanyaan : Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala dalam pemberian pelayanan umum?


Jawaban : Beberapa kiat dapat dilakukan misalnya, langkah untuk memperbaiki perilaku baik aparat pemerintah maupun masyarakat bisa dilakukan dengan pengamalan nilai-nilai luhur agama menjadi budaya kerja. Kedua, melakukan koordinasi dan sinkronisasi antarsektor dalam penerapan peraturan perundang-undangan untuk menghindari tumpang tindih dan duplikasi yang memberatkan bagi masyarakat. Ketiga, perlu pengembangan sistem informasi manajemen, agar tidak terjadi kekurang jelasan informasi yang diperlukan dalam rangka peningkatan pelayanan umum. Keempat, untuk meningkatkan sarana dan prasarana agar diutamakan sarana dan prasarana yang menyangkut pelayanan umum. Serta kelima, kesejahteraan pegawai perlu ditingkatkan sehingga memadai.

Pertanyaan : Upaya apa yang dibutuhkan agar pelayanan umum menjadi efektif dan efisien?


Jawaban : Upaya yang dibutuhkan agar pelayanan umum berdaya guna dan berhasil guna adalah perlu adanya: pertama, kontrol terbuka. Kedua, upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan secara terus menerus. Ketiga, pengelolaan yang sederhana, murah, cepat dan profesional. Keempat, aparatur yang bersih, bertanggung jawab dan profesional. Kelima, peningkatan kesejahteraan aparatur. Keenam, sistem informasi yang terbuka. Ketujuh, penetapan perundang-undangan yang berlaku, dan kedelapan, partisipasi masyarakat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN DAN SISTEM PELAYANAN UMUM "

Post a Comment