Menurut definisi, "termasuk pengorbanan dirasakan semua yang merasakan wisatawan harus menyerah untuk mendapatkan layanan". Oleh karena itu, harga aktual yang dibayarkan bukan dari biaya pembelian hanya untuk wisata. Biaya lainnya meliputi biaya waktu, biaya pencarian (usaha yaitu dihabiskan pada pencarian dan pemilihan produk), biaya kenyamanan, dan, biaya psikis mengkategorikan biaya pembelian menjadi dua kelompok: biaya utama (yaitu harga yang dibayar) dan biaya sekunder.
Berpendapat bahwa ada tiga macam biaya pembelian sekunder termasuk biaya harga-jenis, biaya waktu-jenis, dan faktor psikologis-tipe. Sebagai contoh, dalam lingkungan ritel, biaya parkir, biaya instalasi, biaya kredit, pajak penjualan, dll, dapat dianggap sebagai harga-jenis biaya pembelian sekunder, sambil menunggu waktu, waktu tempuh, dan mencari waktu dapat dianggap sebagai waktu jenis biaya pembelian sekunder. Jadi, faktor psikologis termasuk konflik batin, frustasi, depresi, ketidaknyamanan, kecemasan, ketegangan, kekesalan, kelelahan mental, dan sejenisnya.
biaya non-moneter mungkin berbeda secara signifikan di antara kategori produk yang berbeda, alasan itu biaya non-moneter meskipun mungkin tidak menjadi pertimbangan serius bagi pembelian barang-barang banyak, mereka mungkin menjadi bagian penting dari evaluasi banyak layanan. Sebagai contoh, waktu tunggu, waktu janji, waktu dan usaha yang dihabiskan untuk mencari dan memilih produk; waktu dan usaha yang dihabiskan mempersiapkan diri untuk menerima layanan (misalnya, menyiapkan rumah untuk layanan perbaikan), dan rasa takut ketidakpastian, penolakan atau tidak memahami layanan yang dapat menjadi pertimbangan sangat penting bagi keputusan pembelian layanan dan evaluasi. Sama dan tingkat yang lebih besar, biaya non-moneter pengalaman paket wisata mungkin merupakan bagian penting dari evaluasi peserta karena perjalanan melewati beberapa tahap dalam pengalaman perjalanan dari pencarian untuk jenis perjalanan ke rumah kembali.
biaya non-moneter mungkin berbeda secara signifikan di antara kategori produk yang berbeda, alasan itu biaya non-moneter meskipun mungkin tidak menjadi pertimbangan serius bagi pembelian barang-barang banyak, mereka mungkin menjadi bagian penting dari evaluasi banyak layanan. Sebagai contoh, waktu tunggu, waktu janji, waktu dan usaha yang dihabiskan untuk mencari dan memilih produk; waktu dan usaha yang dihabiskan mempersiapkan diri untuk menerima layanan (misalnya, menyiapkan rumah untuk layanan perbaikan), dan rasa takut ketidakpastian, penolakan atau tidak memahami layanan yang dapat menjadi pertimbangan sangat penting bagi keputusan pembelian layanan dan evaluasi. Sama dan tingkat yang lebih besar, biaya non-moneter pengalaman paket wisata mungkin merupakan bagian penting dari evaluasi peserta karena perjalanan melewati beberapa tahap dalam pengalaman perjalanan dari pencarian untuk jenis perjalanan ke rumah kembali.
Pengalaman aktual sebuah paket wisata yang khas dimulai dengan briefing pra-wisata dan berlanjut dengan perjalanan ke tujuan, akomodasi, makan, belanja perjalanan,, dan kembali. Waktu dan usaha yang dihabiskan untuk mencari informasi dan perjalanan selama proses ini membentuk bagian penting dari keseluruhan pengalaman. Umumnya, menawarkan paket wisata sebagian besar layanan ini dengan harga tunggal. Oleh karena itu, persepsi pengorbanan untuk paket tur dapat dipisahkan menjadi persepsi harga paket wisata (dianggap harga moneter) dan dari faktor psikologis yang relevan (dianggap harga non-moneter.
Indikator penting dari persepsi harga non-moneter adalah persepsi harga moneter. Biasanya, paket wisata dibayar sebelum traveler set off dan harga yang dibayarkan berfungsi sebagai titik acuan untuk evaluasi lebih lanjut. Sebuah berpendapat bahwa persepsi tentang harga sebenarnya dari produk merupakan indikator pengorbanan evaluasi lebih lanjut. Dalam nada yang sama, sepanjang pengalaman tur, persepsi harga paket tur dapat mempengaruhi evaluasi pengalaman. Sebagai contoh, mereka wisatawan yang memiliki persepsi negatif tentang harga wisata mungkin lebih sensitif tentang cara di mana jasa perjalanan yang ditawarkan. Wisatawan ini mungkin memiliki harapan yang lebih tinggi daripada orang lain yang berpikir bahwa mereka mendapat tawar-menawar pada harga paket wisata. Selama dan setelah pengalaman itu, evaluasi wisatawan sehingga dapat sangat berbeda berdasarkan persepsi mereka harga paket wisata dibandingkan dengan anggaran mereka. harga persepsi lebih positif dapat diharapkan untuk menghasilkan lebih persepsi harga positif non-moneter.
0 Response to "PERSEPSI PENGORBANAN KONSEP "
Post a Comment