Berita Hangat Hari Ini

PENGERTIAN AMDAL

A.    PENGERTIAN AMDAL
Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk ditelaah sebelum suatu investasi atau usaha yang dijalankan.sudah tentu telaah yang dilakukan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan jika suatu investasi jadi dilakukan, baik dampak negative maupun yang berdampak positif. Dampak yang timbul ada yang langsung mempengaruhi pada saat kegiatan usaha/proyek yang dilkakukan sekarang atau baru terlihat beberapa waktu kemudian di masa yang akan datang. Dampak lingkungan hidup yang terjadi adalah berubahnya suatu lingkungan dari bentuk aslinya seperti perubahan fisik kimia,biologi,atau sosial. Perubahan lingkungan ini jika tidak diantisipasi dari awal akan merusak tatanan yang sudah ada, baik terhadap fauna,flora maupun manusia seperti itu.
Oleh karena itu, sebelum suatu usaha atau proyek dijalankan maka sebaiknya dilakukan terlebih dahulu studi tentang dampak lingkungan yang bakal timbul, baik dampak sekarang maupun mendatang. Studi ini disamping untuk mengetahui dampak yang bakal timbul,juga mencarikan jalan keluar untuk mengatasi dampak tersebut. Studi inilah yang kita kenal dengan nama analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL).
Pengertian analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) menurut PP 27 Tahun 1999 pasal 1 adalah telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak besar dan pentingnnya suatu rencana usaha dan kegiatan. Arti lain analisis dampak lingkungan adalah teknik untuk menganalisis apakah proyek yang akan dijalankan akan mencemarkan lingkungan atau tidak jika ya,maka diberikan kepada jalan alternative pencegahannya.
B.    DAMPAK YANG DITIMBULKAN
Seperti dijelaskan sebelumnyan bahwa AMDAL. Merupakan salah satu bagian dari aspek studi kelayakan bisnis. Artinya untuk melakukan suatu kegiatan usaha atau bisnis atau proyek,studi mengenai AMDAL merupakan salah satu syarat kelayakan usaha tersebut. Perlunya dilakukan studi AMDAL sebelum usaha dilakukan mengingat kegiatan-kegiatan investasi pada umumnya akan mengubah lingkungan hidup. Oleh karena itu,menjadi penting untuk memperhatikan komponen-komponen lingkungan hidup sebelum investasi dilakukan.
Adapun komponen lingkungan hidup yang harus diperhatikan dan serta dilestarikan fungsinya antara lain:
1.    Hutan lindung,hutan konservasi dan cagar biosfer.
2.    Sumber daya manusia
3.    Keanekaraman hayati
4.    Kualitas udara
5.    Warisan alam dan warisan budaya
6.    Kenyamanan lingkungan hidup
7.    Nilai-nilai budaya yang berorientasi selaras dengan lingkungan hidup.
Kemudian komponen l;ingkungan hidup yang akan berubah secara mendasar dan penting bagi masyarakat di sekitar suatu rencana usaha dan/atau kegiatan antara lain:
1.    Kepemilikan dan penguasahan lahan
2.    Kesempatan kerja dan usaha
3.    Taraf hidup masyarakat
4.    Kesehatan masyarakat
Dengan adanya kegiatan investassi atau usaha,maka komponen lingkungan hidup di atas secara otomatis akan berubah dengan menimbulkan berbagai dampak terutama dampak negative yang sangat tidak diinginkan.berikut ini dampak negative yang mungkin akan timbul,jika tidak dilakukan AMDAL secara baik dan benar sebagai berikut:
1.    Terhadap tanah dan kehutanan
2.    Terhadap air
3.    Terhadap udara
4.    Terhadap manusia

C.    TUJUAN DAN KEGUNAAN STUDI AMDAL
Tujuan AMDAL adalah menduga kemungkinan terjadinya dampak dari suatu rencana usaha/kegiatan. Untuk mencapai tujuan ini penyususnan AMDAL harus didasarkan atau sesuai dengan pedoman penyususnan studi AMDAL.
Hal-hal yang harus dilakukan dalam rangka mencapai tujuan studi AMDAL adalah:
1.    Mengidentifikasikan semua rencana usaha/kegiatan yang akan dilaksanakan terutama yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan umum.
2.    Mengidentifikasikan komponen-komponen lingkungan hidup yang akan terkena dampak besar dan penting
3.    Memprakirakan dan mengevaluasi rencana usaha/kegiatan usaha yang menimbulkan dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup
Adapun kegunaan dilaksankan studi AMDAL adalah:
1.    Sebagai bahan bagi perencanaan dan pengelola usaha dna pembnagunann wilayah.
2.    Membantu proses pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan hidup dari rencana usha/kegiatan.
3.    Member masukan untuk penyususnan rencana pengelolaan.
4.    Member informasi bagi masyarakat atas dampak yang timbul dari suatu rencana usaha/kegiatan.

D.    RONA LINGKUNGAN HIDUP
Sasaran utama AMDAL adalah untuk menjaga kelstarian lingkungan hidup. Atau dengan kata lain,untuk menjaga lingkungan hidup segala bentu perusakan,pencemaran,atau kegiatan yang merugikan kelestarian lingkungan hidup yang pada akhirnya akan merugikan manusia sendiri. Dalam rangka menjaga dan menyelamatkan lingkungan hidup,maka perlu dilakukan studi AMDAL yang besar. 
Hal-hal yang perlu dicermati dalam rona lingkungan hidup sebagai berikut:
1.    Wilayah studi rencana usaha/kegiatan. Dengan mengungkapkan secara mendalam komponen-komponen lingkungan hidup yang berpotensi terkena dampak penting usaha/kegiatan selain itu komponen lingkungan hidup yang memiliki arti ekonomi dan arti ekologis perlu mendapat perhatian;
2.    Kondisi kualitatif dari berbagai sumber daya alam yang ada diwilayah studi rencana usaha/kegiatan baik yang sudah dan yang dimanfaatkan maupun yang masih dalam bentuk potensi,penyajian kondisi sumber daya ala mini perlu dikemukakan dalam peta/dengan panel dengan skala memadai dan bila perlu memadai diagram

E.    PRAKIRAAN DAMPAK BESAR DAN PENTING
Dalam melakukan AMDAL perlu dijelaskan dampak besar dan penting yang bakal timbul melalui perkiraan yang benar. Dampak besar dan terpenting dalam studi AMDAL menurut pedoman penyusunan AMDAL hendaknya dimuat hal-hal sebagai berikut:
1.    Prakiraan secraa dampak usaha dan kegiatan pada saat prakonstruksi terhadap lingkungan hidup.
2.    Penentuan arti penting perubahan lingkungan hidup yang diprakirakan bagi masyarakat diwilayah studi rencana usaha dan kegiatan dan pemerintahan dengan mengacu pada pedoman penentuan dampak besar dan penting.
3.    Dalam melakukan telaah butir 1 dan 2tersebut diperhatikan dampak yang bersifat langsung atau tidak langsung. Dampak langsung adalah dampak yang ditimbulkan secara lansgung oleh adanya usaha,sedaangkan tidak langsung adalah dampak yang timbul sebagai akibat berubahnya suatu komponen linekungan hidup atau kegiata primer adanya usaha.
4.    Mengingat usaha kegiatan yang masih berda pada tahap pemilihan alternative usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan AMDAL merupakan komponen dari studi kelayakan,maka telaah dilakukan untuk masing-masing alternative.
5.    Dalam melakukan analisis prakiraan dampak penting agar digunakan metode-metode formal secara matematis.
F.    EVALUASI DAMPAK BESAR DAN PENTING
Hasil evaluasi mengenai hasil telaah dampak besar dan penting dari rencana usaha atau kegiatan ini selanjutnya menjadi masukan bagi instansi yang bertaanggung jawab untuk memutuskan kelayakan lingkungan hidup dari rencana usaha atau kegiatan sebagaimana dimaksud dalam pp No.27 Tahun 1999.

G.    RUANG LINGKUP STUDI DAN METODE ANALISIS DATA
Ruang lingkup studi meliputi dampak besar penting yang ditelaah yakni:
1.    Rencana usaha atau kegiatan penyebab dampak.
2.    Kondisi rona lingkungan hidup yang terkena dampak lingkungan terutama komponen langsung yang terkena dampak yang ditimbulkanya.
3.    Jenis-jenis kegiatan yang ada disekitar rencana lokasi beserta dampak-dampak yang ditimbulkan
4.    Aspek-aspek yang diteliti


H.    SISTEMATIKA PENYUSUNAN DOKUMEN AMDAL.
Analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) Perlu disusun secara sistematis,sehingga dapat:
1.    Langsung mengemukakan masukan penting yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan,perencanaan,dan pengelolaan rencana usaha kegiatan.
2.    Mudah dipahami isinya oleh semua pihak termasuk masyarakat,bila dipandang masyarakat,dan mudah disarikan isinya dalam media.
3.    Memuat uraian singkat tentang:
a.    Rencana usaha kegiatan dengan berbagai kemungkinan dampak besar dan pentingnya,baik pada tahap besar dan pentingnya
b.    Keterangan mengenai kemungkinan adanya kesengajaan data informasi serta berbagai kekurangan dan keterbatasan.
c.    Hal ini yang dipandang sangat perlu untuk melengkapi ringkasan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGERTIAN AMDAL"

Post a Comment