Berita Hangat Hari Ini

SEJARAH BERDIRINYA PAPERINA

Sejarah 

Didirikan tahun 1992 untuk menjawab permintaan dari dunia desain grafis dan percetakan yang berkembang secara pesat untuk kertas berkualitas tinggi. Setelah sekian lama berjalan, Paperina memposisikan dirinya sebagai importir kertas fancy berkualitas yang menawarkan beragam kertas yang telah diakui oleh dunia internasional seperti Neenah Paper, Fox River Paper, Stora-Enso dan French Paper Company. 


Visi dan Misi 


Paperina memiliki misi untuk mendukung dan berperan serta dalam kemajuan dunia desain grafis di Indonesia. Paperina melakukannya dengan cara bekerja sama dengan banyak mahasiswa, dosen dan desainer profesional serta seniman mempromosikan seni dan desain Indonesia menggunakan material yang berkualitas tinggi. 


Tagline 


Creative Paper for Creative People 


Target Market 

Desainer grafis, perusahaan periklanan, pengguna (perusahaan besar pemberi proyek) 

Kompetitor 

Surya Palaca Jaya 


Hadir di Jakarta sebagai toko kertas yang berskala kecil dengan nama Toko Tjoa di tahun 1960. Mengantisipasi perkembangan cetak-mencetak dewasa ini, berturut-turut di tahun 1967 status toko berubah menjadi PD.Surya Jaya, dan di tahun 1988 menjadi PT.Surya PalaceJaya. Kini setelah lebih kurang 33 tahun berpengalaman menekuni masalah kertas, baik produk lokal maupun Internasional, Surya PalaceJaya bukan mustahil bila telah menjadi distributor terbesar dan terlengkap di Indonesia. Dan semenjak tahun 1991 langkah dan kiprah PT.Surya PalaceJaya mulai memasuki bidang Fancy Paper. 


Dapat dibilang bahwa Surya Palace Jaya merupakan distributor kertas yang sangat berpengalaman dan memiliki jenis kertas yang bisa dibilang lengkap. Inilah yang menjadi nilai tambah dari SPJ. 


• Pengamatan 

Menurut pengamatan, produk-produk dari Paperina fokus pada kertas fancy impor diantaranya buatan Eropa dan Amerika. Selain itu, dilihat dari logo, promosi yang dilakukan sebelumnya, website, kantor, visi-misi; Paperina terlihat lebih fresh, modern dan sesuai dengan jiwa desainer dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya. Namun masih cukup banyak desainer, terlebih mahasiswa, yang bahkan belum pernah mengunjungi Paperina. 

• Target 


Sesuai dengan target market Paperina diatas, target dari promosi yang ingin dibuat juga ditujukan untuk individu-individu yang berkecimpung pada industri kreatif, khususnya bidang desain grafis, dari mahasiswa sampai profesional. 

• Analisis SWOT Strength 

1. Salah satu distributor kertas yang cukup terkenal diantara desainer 

2. Lebih memiliki kesan yang modern dan muda dibandingkan kompetitornya 

3. Produk-produknya merupakan produk berkualitas tinggi dan beragam 

Weakness 

1. Brand dan positioning dari Paperina belum terlalu terlihat 

2. Kurang promosi terhadap pelajar desain. 

Opportunity 


1. Belum ketatnya persaingan antar distributor dan importir kertas 

2. Industri desain grafis masih berkembang 

3. Kompetitor belum memiliki promosi yang cukup menarik 

Threat 


1. Banyak kompetitor mulai membidik target yang sama 



2. Makin banyak kompetitor dengan lingkup produk sama bermunculan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SEJARAH BERDIRINYA PAPERINA "

Post a Comment