Dalam tahap penyesuaian (matching) dapat digunakan matriks TOWS sebagai alat diagnosis (matching tools) untuk menentukan alternatif stategi dengan melakukan identifikasi adanya suatu peluang atau hambatan dari faktor eksternal dan melihat faktor internal suatu organisasi berupa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta memperhatikan Visi, Misi, dan tujuan organisasi.
Penyesuaian faktor-faktor penentu sukses eksternal dan internal ini merupakan salah satu kunci efektif untuk menghasilkan strategi alternatif dan resultan strategi yang dapat dikelompokkan menjadi empat strategi yaitu:
1. Strategi S – O (SO = Strength – Opportunity)
2. Strategi W – O (WO = Weakness – Opportunity)
3. Strategi S – T (ST = Strength – Threat)
4. Strategi W – T (WT = Weakness – Threat)
yang secara detail matriks TOWS dapat dilihat pada Lampiran .
B. Matriks Penyesuaian Strategi.
Selanjutnya ketiga strategi tersebut diatas yaitu : Pertumbuhan (Peningkatan Out Put), Integrasi Horizontal (Pengembangan Produk yang sudah ada penetrasi horizontal) dan N0n Profit Strategi (Pengembangan Internal Manajemen) dijabarkan dengan memperhatikan faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman.
Hasil tabulasi penyesuain prioritas strategi dapat dilihat pada table penyesuaian strategi Lampiran .
C. Matriks QPSM.
Tahap pengambilan keputusan dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) adalah alternatif strategi yang didapat dari tahap penggabungan, untuk menentukan strategi mana yang menjadi prioritas.
Cara melakukan perhitugan QSPM adalah sebagai berikut :
1. Buat daftar faktor analisis SWOT diambil dari matriks IFE dan matriks EFE;
2. Cantumkan bobot pada masing-masing faktor sesuai pada matriks IFE dan matriks EFE;
3. Dari hasil analisis SWOT dipelajari dan ditulis strategi alternatif;
4. Tentukan nilai Attractiveness Score (AS);
a. Nilai 1 : tidak ada keterkaitan
b. Nilai 2 : mungkin ada keterkaitan
c. Nilai 3 : ada keterkaitan
d. Nilai 4 : sangat terkait
5. Hitung Total Attractiveness Score (TAS) yaitu perkalian antara Bobot dengan AS (Bobot x AS);
6. Hitung jumlah dari seluruh TAS dan dibandingkan dengan strategi mana yang nilai TAS totalnya lebih tinggi, ini menunjukkan bahwa strategi tersebut lebih attraktif serta dapat mengatasi setiap factor internal dan eksternal. Selengkapnya dapat bdilihat pada tabel QSPM di Lampiran .
0 Response to "Matriks TOWS."
Post a Comment