Berita Hangat Hari Ini

SUMBER DAYA KESEHATAN SANGAT PENTING

  1. Sumber daya Manusia
Sumber daya manusia merupakan unsur pokok dalam menjalankan fungsi pembangunan kesehatan.  Sumber daya manusia kesehatan di Kabupaten Gunungkidul terdiri dari berbagai macam profesi dan tenaga non profesi kesehatan dari jenjang pendidikan SD sampai dengan S-2 yang tersebar pada Dinas Kesehatan dan KB, Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari, dan Unit Pelaksana Teknis (Farmasi, Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan, Puskesmas).
Komposisi pegawai non profesi masih mendominasi dengan prosentase yang lebih besar dibanding dengan jalur profesi tenaga kesehatan. Upaya rasionalisasi melalui jalur tugas belajar maupun ijin belajar ke jenjang lebih lanjut sesuai kebutuhan telah dilaksanakan melalui dana block grant. Kegiatan lain ditempuh melalui upaya penataan manajemen sumber daya manusia.  Data tenaga kesehatan selengkapnya sebagai berikut :

Tabel

Jumlah Tenaga Kesehatan Menurut  Profesi di Dinas Kesehatan dan KB  Kabupaten Gunungkidul Tahun 2007

No
Jenis tenaga
DINKES
Pusk.
JML
1
Tenaga Medis (dokter umum dan dr. Gigi)
3
81
84
2
Paramedis Perawatan (perawat, bidan dan perawat gigi)
4
374
378
3
Paramedis non Perawatan (gizi, sanitasi)
2
105
107
4
Kesehatan Masyarakat
18
12
30
5
Penyuluh KB
0
81
81
     Sumber : Sub Bag Kepegawaian Din Kes dan KB Kab GK Th 2007
Berdasar pada tabel di atas, profesi tenaga kesehatan dari paramedis perawatan merupakan yang terbanyak sedangkan  tenaga medis berada pada rangking ketiga. Tenaga medis dan paramedis lebih dominan berada di Puskesmas. Dari tenaga kesehatan yang ada, beberapa profesi kesehatan belum memenuhi target yang diharapkan diantaranya adalah dokter, perawat dan bidan.
Kecukupan tenaga dokter di masyarakat dapat dilihat dari Ratio dokter per 100.000 penduduk. Ratio dokter umum per 100.000 penduduk pada tahun 2007 adalah 12,28  yang artinya, 1 dokter melayani 8.143  penduduk. Ratio tenaga dokter dengan puskesmas adalah 1,55 artinya bahwa 1 puskesmas dilayani oleh 1 – 2 dokter umum. Rasio Dokter Gigi adalah  0.86 sehingga tidak semua Puskesmas terdapat Dokter gigi. Mutu pelayanan kesehatan tidak lepas dari kecukupan sumber daya manusia, sehingga penataan dan pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia kesehatan di Kabupaten Gunungkidul merupakan hal yang sangat patut untuk diperhatikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUMBER DAYA KESEHATAN SANGAT PENTING "

Post a Comment