Berita Hangat Hari Ini

Sumber Dana Pembangunan Bidang Pelayanan Kesehatan

Sumberdaya Dana

Sumberdana pembangunan bidang kesehatan di Kabupaten Gunungkidul dibiayai dari dana APBN, APBD, Dana Dekonsentrasi dan Bantuan Luar Negri. Berbagai sumberdana tersebut ada yang disalurkan langsung ke rekening Kepala Puskesmas yaitu dana untuk Gakin dan ada yang melalui Pemerintah kabupaten maupun Pemerintah Propinsi.


Bantuan dana dari APBN yang disalurkan ke Kabupaten Gunungkidul, selama ini banyak diwujudkan dalam bentuk obat program (TBC, Kusta, Malaria, vaksin) dan beberapa alat kesehatan. Dana lain adalah dana dekonsentrasi yang disalurkan melalui Dinas Kesehatan Propinsi yang kegiatan dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) ada di Propinsi tetapi lokasi kegiatan sebagian berada di Kabupaten.


Dana kesehatan yang bersumber dari APBD Kabupaten terdiri dari dana aloaksi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK). Dana alokasi umum (DAU) dipergunakan untuk keperluan belanja tidak langsung berupa gaji pegawai dan belanja langsung berupa belanja kegiatan program sedangkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dipergunakan untuk keperluan belanja alat kesehatan, rehabilitasi gedung Puskesmas, dan kegiatan lain yang telah ditentukan petujuk penggunaannya dari Pemerintah Pusat.


Bantuan luar negri banyak dikucurkan dalam bentuk Grant sehingga pegelolaan lebih banyak langsung ke Dinas Kesehatan. Propincial Health Project (PHP 1) adalah salah satu proyek yang diluncurkan ke Kabupaten Gunungkidul yang dimulai sekitar akhir tahun 2000 sampai dengan tahun 2007. Dana tersebut banyak digunakan untuk kegiatan di daerah dalam rangka kesiapan daerah menghadapi desentralisasi bidang kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumber Dana Pembangunan Bidang Pelayanan Kesehatan"

Post a Comment