PEMASARAN LANGSUNG
Pemaran langsung atau direct marketing adalah upaya perusahaan atau organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan maksud untuk menimbulkan tanggapan dan /atau transaksi penjualan.
Salah satu yang menjadi instrument penting dalam pemasaran langsung adalah iklan tanggapan langsung atau direct response advertising yaitu iklan dimana suatu produk yang dipromosikan melalui media massa meminta atau mendorong konsumen untuk membeli produk bersangkutan langsung kepada pembuatnya.
Instrumen dan teknik pemasaran langsung juga digunakan oleh perusahaan yang mendistribusikan produknya melalui saluran distribusi tradisional atau perusahaan yang memiliki tenaga penjual langsung.
PEMASARAN INTERAKTIF
Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat dan canggih yang memungkinkan dilakukannya komunikasi secara interaktif melalui media massa, dalam hal ini yang utama adalah internet, khususnya melalui fasilitas yang dikenal dengan world wide web (web). Inilah yang mengakibatkan terjadinya arus timbal balik yang memungkinkan para pengguna dapat berpartisifasi dan memodifikasi bentuk dan isi informasi pada saat itu juga (real time).
Saat ini internet adalah menjadi salah satu media iklan yang paling menarik. Saat ini banyak perusahaan yang mengiklankan produknya di website sendiri dan juga di website orang lain dengan biaya yang pasti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan ketika kita berklan seperti di media massa seperti Koran dan televise.
PROMOSI PENJUALAN
Promosi merupakan elemen atau bagian dari pemasaran yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumennya, promosi mencakup seluruh promotion mix. Contoh dari promosi penjualan pemberian potongan harga (discount) atau undian berhadiah.
Promosi penjualan secara umum dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu promosi penjualan yang berorientasi pada konsumen (consumer – oriented sales promotion) dan promosi penjualan yang berorientasi pada perdagangan (trade –oriented sales promotion).
HUBUNGAN MASYARAKAT
Dalam promotion mix salah hal penting adalah hubungan masyarakat (public relation). Jika suatu organisasi merencanakan dan mendistribusikan informasi secara sistematis dalma upaya untuk mengontrol dan mengelola citra serta publisitas yang diterimanya maka perusahaan itu tengah menjalankan tugas hubungan masyarakat.
Ada definisi yang singkat tentang PR yaitu PR is doing good good and getting credit for it (humas adalah upaya melakukan hal-hal baik sehingga mendapatkan kepercayaan).Scott Cutlip dan rekannya dalam bukanya mendefinisikan PR yaitu usaha yang terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter baik serta tindakan yang bertanggung jawab, disarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan.
Menurut Dominick, humas mencakup hal-hal sebagai berikut :
1. Humas memiliki kaitan erat dengan opini public
2. Humas memiliki kaitan erat dengan komunikasi
3. Humas merupakan fungsi manajemen
PUBLISITAS
Salah satu hal yang dilakukan humas adalah publisitas yaitu kegiatan menempatkan berita mengenai seseorang, organisasi atau perusahaan di media massa. Publisitas lebih menekankan pada proses komunikasi satu arah sedangkan humas adalah komunikasi dua arah. Kata publisitas berasal dari inggris publicity yang memiliki pengertian : information from dan an outside source that is used by the media because the information has news value. It is an uncontrolled method of placing message in the media because the source does not pay the media placement ( publisitas adalah informasi yang berasal dari sumber luar yang digunakan media massa kerena informasi itu memiliki nilai berita. Publisitas merupakan metode yang tidak dapat dikontrol humas dalam hal penempatan pesan di media massa karena sumber tidak membayar media untuk memuat berita bersangkutan).
Press Agentry
Pekerjaaan humas lainnya adalah yang terkait dengan publisitas adalah press agentry yang artinya suatu kegiatan yang menampilkan peristiwa atau rencana yang bertujuan untuk menarik perhatian media massa secara terus menerus kepada seseorang, produk, atau organisasi.apa yang membedakan antara publisitas dengan press agentry ? keduanya memiliki sama-sama memanfaatkan media massa tanpa harus membayar. Menurut Cutlip –Broon, press agentry lebih bertujuan untuk mendapatkan pemberitaan (ekspos)media massa dari pada membangun pengertian public (public understanding). Publisitas lebih menekankan pada pengertian public (public understanding).
PENJUALAN PERSONAL
Elemen terakhir dari promotion mix adalah perjualan personal yang artinya penjualan langsung kepada calon konsumen melalui tatap muka bukan seperti pada iklan sehingga memungkin para penjual membantu dan membujuk calon konsumen untuk membeli, karena ini merupakan tata muka langsung dengan calon konsumen dan penjual bias menyesuikan pesan yang akan disampaikan pada calon konsumen sesuai dengan kebutuhan khusus atau situasi khusus calon pembeli.
MANAJEMEN PROMOSI
Dalam merancang strategi promosi, perusahaan harus mengombinasikan bebagai elemen yang terdapat pada dalam bauran promosi atau promotional mix dengan memperhitungkan kekuatan dan kelemahan dari masing-masing element tersebut.
Manajemen promosi (promotional management) mencakup kegiatan mengoordinasikan elemen-elemen bauran promosi sehingga dapat mengembangkan komunikasi pemasaran yang terpadu, tekontrol dan efektif.
PROSES PERENCANAAN PROMOSI
Yang namanya perencanaan dalam segala hal itu sangat penting dilakukan. Dalam hal perencanaan yang meliputi penetapan tujuan, arternatif yang harus dilakukan, menilai resiko, dan manfaat dari masing-masing alternative, memutuskan arah tindakan, menetapkan anggaran dan membutuhkan dukungan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan.
Perencanaan pemasaran secara umum terdiri dari lima elemen utama sebagai berikut :
1. Harus tersedia suatu analisis situasi (situation analysis)
2. Harus tersedia tujuan dari pemasaran yang spesifik yang memberikan arah dan tahapan kerja
3. Harus terdapat program untuk melaksanakan keputusan mengenai pemilihan dan seleksi pasar.
4. Harus terdapat program untuk melaksanakan keputusan yang telah dibuat
5. Harus terdapat suatu proses monitoring, proses evaluasi.
· ANALISIS SITUASI
Dalam membuat suatu rencana promosi adalah melakukan analisis situasi (situation analysis) terlebih dahulu. Pada program IMC, situation analysis memusatkan perhatinanya pada faktor-faktor yang mempengaruhi atau relevan dalam pempersiapkan suatu strategi promosi.
Pemaran langsung atau direct marketing adalah upaya perusahaan atau organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan sasaran dengan maksud untuk menimbulkan tanggapan dan /atau transaksi penjualan.
Salah satu yang menjadi instrument penting dalam pemasaran langsung adalah iklan tanggapan langsung atau direct response advertising yaitu iklan dimana suatu produk yang dipromosikan melalui media massa meminta atau mendorong konsumen untuk membeli produk bersangkutan langsung kepada pembuatnya.
Instrumen dan teknik pemasaran langsung juga digunakan oleh perusahaan yang mendistribusikan produknya melalui saluran distribusi tradisional atau perusahaan yang memiliki tenaga penjual langsung.
PEMASARAN INTERAKTIF
Dengan kemajuan teknologi yang semakin cepat dan canggih yang memungkinkan dilakukannya komunikasi secara interaktif melalui media massa, dalam hal ini yang utama adalah internet, khususnya melalui fasilitas yang dikenal dengan world wide web (web). Inilah yang mengakibatkan terjadinya arus timbal balik yang memungkinkan para pengguna dapat berpartisifasi dan memodifikasi bentuk dan isi informasi pada saat itu juga (real time).
Saat ini internet adalah menjadi salah satu media iklan yang paling menarik. Saat ini banyak perusahaan yang mengiklankan produknya di website sendiri dan juga di website orang lain dengan biaya yang pasti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan ketika kita berklan seperti di media massa seperti Koran dan televise.
PROMOSI PENJUALAN
Promosi merupakan elemen atau bagian dari pemasaran yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumennya, promosi mencakup seluruh promotion mix. Contoh dari promosi penjualan pemberian potongan harga (discount) atau undian berhadiah.
Promosi penjualan secara umum dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu promosi penjualan yang berorientasi pada konsumen (consumer – oriented sales promotion) dan promosi penjualan yang berorientasi pada perdagangan (trade –oriented sales promotion).
HUBUNGAN MASYARAKAT
Dalam promotion mix salah hal penting adalah hubungan masyarakat (public relation). Jika suatu organisasi merencanakan dan mendistribusikan informasi secara sistematis dalma upaya untuk mengontrol dan mengelola citra serta publisitas yang diterimanya maka perusahaan itu tengah menjalankan tugas hubungan masyarakat.
Ada definisi yang singkat tentang PR yaitu PR is doing good good and getting credit for it (humas adalah upaya melakukan hal-hal baik sehingga mendapatkan kepercayaan).Scott Cutlip dan rekannya dalam bukanya mendefinisikan PR yaitu usaha yang terencana untuk mempengaruhi pandangan melalui karakter baik serta tindakan yang bertanggung jawab, disarkan atas komunikasi dua arah yang saling memuaskan.
Menurut Dominick, humas mencakup hal-hal sebagai berikut :
1. Humas memiliki kaitan erat dengan opini public
2. Humas memiliki kaitan erat dengan komunikasi
3. Humas merupakan fungsi manajemen
PUBLISITAS
Salah satu hal yang dilakukan humas adalah publisitas yaitu kegiatan menempatkan berita mengenai seseorang, organisasi atau perusahaan di media massa. Publisitas lebih menekankan pada proses komunikasi satu arah sedangkan humas adalah komunikasi dua arah. Kata publisitas berasal dari inggris publicity yang memiliki pengertian : information from dan an outside source that is used by the media because the information has news value. It is an uncontrolled method of placing message in the media because the source does not pay the media placement ( publisitas adalah informasi yang berasal dari sumber luar yang digunakan media massa kerena informasi itu memiliki nilai berita. Publisitas merupakan metode yang tidak dapat dikontrol humas dalam hal penempatan pesan di media massa karena sumber tidak membayar media untuk memuat berita bersangkutan).
Press Agentry
Pekerjaaan humas lainnya adalah yang terkait dengan publisitas adalah press agentry yang artinya suatu kegiatan yang menampilkan peristiwa atau rencana yang bertujuan untuk menarik perhatian media massa secara terus menerus kepada seseorang, produk, atau organisasi.apa yang membedakan antara publisitas dengan press agentry ? keduanya memiliki sama-sama memanfaatkan media massa tanpa harus membayar. Menurut Cutlip –Broon, press agentry lebih bertujuan untuk mendapatkan pemberitaan (ekspos)media massa dari pada membangun pengertian public (public understanding). Publisitas lebih menekankan pada pengertian public (public understanding).
PENJUALAN PERSONAL
Elemen terakhir dari promotion mix adalah perjualan personal yang artinya penjualan langsung kepada calon konsumen melalui tatap muka bukan seperti pada iklan sehingga memungkin para penjual membantu dan membujuk calon konsumen untuk membeli, karena ini merupakan tata muka langsung dengan calon konsumen dan penjual bias menyesuikan pesan yang akan disampaikan pada calon konsumen sesuai dengan kebutuhan khusus atau situasi khusus calon pembeli.
MANAJEMEN PROMOSI
Dalam merancang strategi promosi, perusahaan harus mengombinasikan bebagai elemen yang terdapat pada dalam bauran promosi atau promotional mix dengan memperhitungkan kekuatan dan kelemahan dari masing-masing element tersebut.
Manajemen promosi (promotional management) mencakup kegiatan mengoordinasikan elemen-elemen bauran promosi sehingga dapat mengembangkan komunikasi pemasaran yang terpadu, tekontrol dan efektif.
PROSES PERENCANAAN PROMOSI
Yang namanya perencanaan dalam segala hal itu sangat penting dilakukan. Dalam hal perencanaan yang meliputi penetapan tujuan, arternatif yang harus dilakukan, menilai resiko, dan manfaat dari masing-masing alternative, memutuskan arah tindakan, menetapkan anggaran dan membutuhkan dukungan yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan.
Perencanaan pemasaran secara umum terdiri dari lima elemen utama sebagai berikut :
1. Harus tersedia suatu analisis situasi (situation analysis)
2. Harus tersedia tujuan dari pemasaran yang spesifik yang memberikan arah dan tahapan kerja
3. Harus terdapat program untuk melaksanakan keputusan mengenai pemilihan dan seleksi pasar.
4. Harus terdapat program untuk melaksanakan keputusan yang telah dibuat
5. Harus terdapat suatu proses monitoring, proses evaluasi.
· ANALISIS SITUASI
Dalam membuat suatu rencana promosi adalah melakukan analisis situasi (situation analysis) terlebih dahulu. Pada program IMC, situation analysis memusatkan perhatinanya pada faktor-faktor yang mempengaruhi atau relevan dalam pempersiapkan suatu strategi promosi.
·ANALISIS PROSES KOMUNIKASI
Hal penting yang terkait dengan analisis proses komunikasi adalah menentukan sasaran dan tujuan komunikasi. Dal hal ini kita harus membedakan terlebih dahulu antara tujuan pemasaran (marketing objectives) dan tujuan komunikasi (communication objectives) tujuan pemasaran mengacu pada apa yang dicapai oleh program pemasaran secara keseluruhan. Sedangkan tujuan komunikasi mengacu pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan atau organisasi dengan program promosi yangdilakukan.
· PENENTUAN ANGGARAN
Setelah tujuan komunikasi ditentukan, maka perhatian selanjutnya harus diarahkan pada
· MERENCANAKAN PROGRAM IMC
· PENGAWASAN DAN EVALUASI
· PERSPEKTIF
Hal penting yang terkait dengan analisis proses komunikasi adalah menentukan sasaran dan tujuan komunikasi. Dal hal ini kita harus membedakan terlebih dahulu antara tujuan pemasaran (marketing objectives) dan tujuan komunikasi (communication objectives) tujuan pemasaran mengacu pada apa yang dicapai oleh program pemasaran secara keseluruhan. Sedangkan tujuan komunikasi mengacu pada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan atau organisasi dengan program promosi yangdilakukan.
· PENENTUAN ANGGARAN
Setelah tujuan komunikasi ditentukan, maka perhatian selanjutnya harus diarahkan pada
· MERENCANAKAN PROGRAM IMC
· PENGAWASAN DAN EVALUASI
· PERSPEKTIF
Apakah anda saat ini sering melakukan promosi, namun mirisnya tidak ada yang membeli satupun, padahal sudah mengeluarkan modal yang banyak, dan yang ruginya lagi anda tidak balik modal. Jangan biarkan ini terjadi kalau mindset anda ingin sukses.
ReplyDeleteTapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, sekarang anda bisa tahu kesalahan promosi dan solusinya agar lebih 7 kali liapt untuk mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak, DIJAMIN, kalau penasaran KLIK SEKARANG DISINI