Berita Hangat Hari Ini

Pengertian Sistem Menurut Romney Dan Steinbart

Pengertian Sistem 

Romney dan Steinbart (2004) mendefinisikan, “Sistem adalah rangkai dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan”(h.2). 

Bodnar dan Hopwood yang diterjemahkan oleh Jusuf, A.A. dan Tambunan, R.M. (2000) mendefinisikan, “Sistem adalah kumpulan sumberdaya yang berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu”(h.1). 

Mulyadi (2001) mendefinisikan, “Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan”(h.5). 

Hall (2001) mendefinisikan, ”Sistem adalah sekelompok dua atau lebih komponen-komponen yang saling berkaitan (interrelated) atau subsistem- subsistem yang bersatu untuk mencapai tujuan yang sama (common purpose)” (h.5). 

Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem adalah sesuatu yang terdiri dari komponen-komponen sistem atau subsistem yang berinteraksi satu dengan lainnya, memerlukan input dan mengeluarkan output untuk mencapai tujuan sistem. 



Pengertian Informasi 



Romney dan Steinbart (2004) mendefinisikan, “Informasi adalah data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti” (h.11). 

Bodnar dan Hopwood yang diterjemahkan oleh Jusuf, A.A. dan Tambunan, R.M. (2000) mendefinisikan, ”Informasi adalah data yang digunakan yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat” (h.1). 

Hall (2001) menyatakan, ”Informasi menyebabkan pemakai melakukan suatu tindakan yang dapat ia lakukan atau tidak dilakukan” (h.14). 

Mcleod yang diterjemahkan oleh Hendra Teguh (2001) mendefinisikan, 



”Informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti”(h.15). 



Dari uraian diatas dapat ditarik kesimpulan definisi informasi adalah output pengolahan data yang telah diproses dan berguna bagi orang yang menerimanya. 

Menurut Hall (2001) menyatakan, ”Informasi yang berguna memiliki karakteristik sebagai berikut: 

• Relevan 



Isi sebuah laporan atau dokumen harus melayani suatu tujuan. 



• Tepat waktu 



Informasi harus tidak lebih tua dari periode waktu tindakan yang didukungnya. 

• Akurat 



Informasi harus bebas dari kesalahan yang sifatnya material. 


• Lengkap 



Tidak boleh ada bagian informasi yang essential bagi pengambilan keputusan atau pelaksanaan tugas yang hilang. 

• Rangkuman 



Informasi harus diagregasi agar sesuai dengan kebutuhan pemakai. 



• Umpan Balik 



Umpan balik adalah suatu betuk output yang dikirimkan kembali ke sistem sebagai suatu sumber data” (h.17-18). 

Scott yang diterjemahkan oleh Achmad Nashir Anwar (1999) menyatakan, ”Sistem informasi merupakan rancangan analisa dan manajer umun untuk melaksanakan tugas khusus perusahaan yang penting demi berfungsinya kegiatan perusahaan” (h.4). 

Hall (2001) mendefinisikan, ”Sistem informasi adalah suatu rangkaian prosedur formal dimana data dikumpulkan, diproses menjadi informasi dan didistribusikan kepada pemakai” (h.7).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Sistem Menurut Romney Dan Steinbart"

Post a Comment