Fungsi Public Relations
Terdapat tiga fungsi Public relations menurut Betrand R. Canfield yang dikutip oleh Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Human Relations dan Public Relations yaitu : fungsi public relations
- mengabdi kepada kepentingan publik
- memelihara komunikasi yang baik
- menitikberatkan moral dan tingkah laku yang baik (1993:137)
sedangkan menurut Cutlip Center yang dikutip oleh Frida Kusumastuti dalam bukunya Dasar-Dasar Humas mengemukakan bahwa fungsi PUBLIC RELATIONS meliputi hal-hal sebagai berikut :
- Menunjang kegiatan manajemen dan mencapai tujuan organisasi
- Menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik pada perusahaan.
- Melayani publik dan memberikan nasihat kepada pimpinan organisasi untuk kepentingan umum
- Membina hubungan secara harmonis antar organisasi dan publik , baik internal maupun eksternal (2004:23)
Dapat dikatakan bahwa fungsi Public Relations adalah memelihara , mengembangtumbuhkan, mempertahankan adanya komunikasi timbal balik yang diperlukan dalam menangani, mengatasi masalah yang muncul atau meminimalkan munculnya masalah. Public Relations bersama-sama mencari dan menemukan kepentingan organisasi yang mendasar dan menyampaikan kebijaksanaan manajemen pada publik dan juga menyampaikan opini publik pada manajemen juga kepada semua pihak yang terkait dalam menciptakan adanya saling pengertian yang didasarkan pada kenyataan, kebenaran dan pengetahuan yang jelas dan lengkap dan perlu diinformasikan secara jujur, jelas dan objektif
Tugas Public Relations
Tugas –tugas pokok dari Public Relations perusahaan menurut Colin Couldon – Thomas dalam bukunya Public Relations Pedoman Praktis untuk PR adalah sebagai berikut :
- mengevaluasi kekuatan dan kelemahan perusahaan, baik perusahaan sendiri maupun perusahaan saingan juga ancaman dan peluangnya, mendiagnosis masalah-masalah yang dapat dipecahkan melalui sarana-sarana public relations, mengidentifikasi masyarakat yang dituju dan saluran-saluran yang paling efektif digunakan untuk menjangkau mereka.
- Memberi nasihat kepada pihak manajemen di semua tingkatan, terutama mengenai perkembangan intern dan ekstern yang mungkin dapat mempengaruhi reputasi perusahaan dalam hubungannya dengan kelompok-kelompok lain yang menjadi sasaran komunikai perusahaan.
- Menjadi ahli depositor karena itu harus mengetahui semua aspek komunikasi perusahaan baik intern maupun ekstern
- Membuat kontak dengan para pengambil keputusan ekstern yang penting
- Memastikan arus informasi yang efektif untuk kelompok-kelompok masyarakat yang terpilih
- Membentuk komisi-komisi riset untuk proyek-proyek khusus agar dapat menentukan dan memperkirakan situasi dan masalah atau mengukur efektivitas program-program dari public relations yang telah dilaksanakan
- Mengevaluasi masalah-masalah dan aktivitas public relations sehingga dapat memberikan laporan-laporan yang teratur kepada pihak manajemen
- merencanakan dan memanage kegiatan-kegiatan delegasi perusahaan
- Membantu bagian-bagian lain dengan menganalisis masalah-masalah komunikasi, menulis dan menerbitkannya
- Memastikan seluruh organisasi dan tidak melakukan sesuatu tindakan yang dapat mencemarkan nama baik organisasi.(1996:18)
- Menyelenggarakan dan bertanggung jawab atas penyampaian informasi secara lisan, tertulis, melalui gambar (visual) kepada publik supaya publik mempunyai pengertian yang benar tentang organisasi atau perusahaan , tujuan, serta kegiatan yang dilakukan
- Memonitor, merekam dan mengevaluasi tanggapan serta pendapat umum atau masyarakat
- Memperbaiki citra organisasi
- Tanggung jawab sosial dimana Public Relations merupakan instrument untuk bertanggung jawab terhadap semua kelompok yang berhak terhadap tanggung jawab tersebut.
- Komunikasi. Public Relations mempunyai bentuk komunikasi yang khusus Yaitu komunikasi timbal balik dalam fungsinya komunikasi itu sentral.(2002:39)
Tugas Public Relations menurut oxley yang dikutip oleh Yosal Iriantara dalam bukunya Manajemen Strategis menyebutkan bahwa tugas Public Relations adalah
a. Memberi saran kepada manajemen tentang semua perkembangan internal dan eksternal yang mungkin mempengaruhi hubungan organisasi dengan publik-publiknya
b. Meneliti dan menafsirkan untuk kepentingan organisasi, sikap publik-publik utama pada saat ini atau antisipasi sikap publik-publik pokok terhadap organisasi
c. Bekerja sebagai penghubung antara manajemen dan publik-publiknya dan
d. Memberi laporan berkala kepada manajemen tentang semua kegiatan yang mempengaruhi hubungan publik dan organisasi (2004:45)
Tugas Public Relations pada intinya adalah untuk memberi layanan pada orang-orang yang disebut manajemen itu. Kegiatan Public Relations menurut Lesly yang dikutip oleh Yosal Iriantara dalam bukunya Manajemen strategis Public Relations adalah sebagai berikut :
- Prestise atau citra yang favourable dan segenap faedahnya
- Promosi produk atau jasa
- Mendeteksi dan menghadapi isu dan peluang
- Menetapkan postur organisasi ketika berhadapan dengan publiknya
- Good will para stokeholder dan konstituen
- Mencegah dan memberi solusi masalah perburuhan
- Mengayomi good will komunitas tempat organisasi jadi bagiannya
- Good will karyawan dan atau anggota organisasinya
- Mengatasi permasalahan dan prasangka
- Mencegah serangan
- Good will para pemasok
- Good will pemerintah
- Good will bagian lain dari industri
- Good will para dealer dan menarik dealer lain
- Kemampuan untuk mendapatkan personel terbaik
- Pendidikan publik untuk menggunakan produk atau jasa
- Pendidikan publik untuk satu titik pandang
- Good will para customer atau para pendukung
- Investigasi sikap pelbagai kelompok terhadap perusahaan
- Merumuskan dan membuat pedoman kebajikan
- Mengarahkan perubahan (2004:57)
0 Response to "Fungsi dan Tugas Public Relations"
Post a Comment