Meskipun ada beberapa tema besar pemberitaan yang muncul selama Pemilihan Gubernur Jawa Timur, penulis hanya membatasi pada satu tema besar yaitu persaingan antar kandidat calon gubernur. Penulis misalnya tidak mengelaborasi dan meneliti lebih jauh berita tentang persiapan teknis pemilu, meningkatnya golput, dan sejenisnya.
Dari persaingan antar kandidat calon gubernur, memfokuskan pada tema – tema yang diangkat secara bersamaan oleh keempat media yang menjadi obyek penelitian. Artinya, penulis memilih berita yang mengangkat kejadian atau isu yang sama – sama diberitakan oleh Harian Jawa Pos, Surya, Duta Masyarakat, dan Bhirawa. Dengan strategi yang lazim diterapkan dalam penelitian framing seperti ini, diharapkan terlihat lebih jelas bagaimana sebuah media melakukan framing terhadap sebuah peristiwa.
Dari pemetaan yang dilakukan, terdapat 5 (lima) berita pada masing-masing surat kabar yang berkaitan dengan tema yang diangkat penulis, yaitu persaingan antar kandidat calon gubernur. Dipilihnya lima berita tersebut didasarkan pada lima sub tema yang berkaitan dengan tema permasalahan dan sama-sama diangkat oleh empat surat kabar yang dipilih. Dengan demikian, terdapat 20 (dua puluh) item berita yang dianalisis dalam penelitian ini.
Kelima sub tema atau kejadian yang sama – sama diangkat oleh media massa yang menjadi obyek penelitian ini adalah :
1. Pemaparan Visi Misi di DPRD dan Debat Kandidat
2. Pasar : Tempat Pilihan Meraih Simpati
3. Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
4. Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
5. Kampanye di Hari Pamungkas
Sesuai dengan ruh penelitian kualitatif, penulis menganalisis tidak dengan menentukan salah satu model framing di awal. Akan tetapi menganalisis berita dan baru dipilih model mana yang paling relevan. Jika yang paling banyak muncul kemudian adalah model Pan-Kosicki itu memang karena berita tersebut menurut hemat penulis lebih banyak sesuai dengan alat analisis framing Pan-Kosicki. Meski demikian beberapa perangkat framing dari pemikir lain juga digunakan jika memang sesuai dengan data yang dikumpulkan.
Dalam analisis ini, untuk memperdalam analisis, penulis juga memasukkan hasil wawancara dengan redaktur bidang politik dari masing – masing surat kabar. Meski terjadi perbedaan diantara pakar komunikasi tentang perlu tidaknya memasukkan wawancara dengan awak media dalam penelitian framing, penulis meyakini bahwa teknik pengumpulan data pada penelitian framing bersifat multilevel karena akan dibagi menjadi dua level. Pertama, pengumpulan data pada level teks media dan kedua, pengumpulan data pada level manajemen redaksional (produksi berita) yang dilakukan oleh bagian redaksional dari masing-masing institusi suratkabar (Birowo, 2004 ; 186-187).
Wawancara dilakukan penulis berangkat dari asumsi dasar framing itu sendiri yang salah satunya berada pada level individu. Setiap individu, termasuk wartawan, akan selalu menyertakan pengalaman hidupnya, wawasan sosial, dan kecenderungan psikologisnya dalam mengintepretasi pesan yang diterimanya. Individu bukanlah entitas pasif dan tidak mandiri. Pengalaman dan pengetahuan individu akan mengendap dan mengkristal kemudian memberikan kemampuan bagi individu yang bersangkutan untuk memetakan, menerima, mengidentifikasi, dan memberikan label pada informasi yang diterima (Goffman dalam Agus Sudibyo, 2001)
Karena menjadi tidak mungkin, peneliti dapat melihat kebijakan redaksional dalam sebuah isu besar seperti Pilgub Jatim ini tanpa melakukan wawancara dengan pengelola media. Selain itu, wawancara adalah bagian dari proses teknik triangulasi yang dilakukan penulis untuk mencoba menggali informasi dari sumber yang berbeda. Satu sumber berbasis pada teks berita, dan sumber yang lain bersumber pada hasil wawancara.
Secara teknis, analisis teks berita akan diuraikan di bagian awal, kemudian dilanjutkan dengan analisis yang juga memasukkan hasil wawancara dalam melihat kebijakan redaksional Harian Jawa Pos, Surya, Duta Masyarakat, dan Bhirawa dalam mengkonstruksi realitas komunikasi politik calon gubernur dalam Pemilihan gubernur Jawa Timur.
Melalui sajian data dan analisis data ini, diharapkan dapat terlihat bagaimana sebuah kejadian dan atau isu yang sama dalam konteks Pilgub Jatim, ternyata diberitakan berbeda oleh media massa. Hal itu mungkin terjadi karena pemilihan sudut pandang (angle),narasumber, penyebutan narasumber, penampilan foto/grafis yang berbeda.
Tabel 4 : Daftar Berita yang Dianalisis
HARIAN JAWA POS | ||||
NO. | Tema Berita | Judul Berita | Hari/ Tanggal Terbit | Hal |
1. | Pemaparan Visi Misi di DPRD | Semua Calon Tak Singgung Lumpur Lapindo | Selasa, 08 Juli 2008 | 8 |
2. | Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati | Pakdhe Pertahankan Pasar Tradisional | Rabu, 16 Juli 2008 | 10 |
3. | Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional | Ketua MPR Kampanye Untuk Karsa | Senin, 14 Juli 2008 | 9 |
4. | Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa | Ali Tetap Optimistis | Minggu, 13 Juli 2008 | 7 |
5. | Kampanye di Hari Pamungkas | All Out di Hari Terakhir | Minggu, 20 Juli 2008 | 8 |
HARIAN SURYA | ||||
NO. | Tema Berita | Judul Berita | Hari/ Tanggal Terbit | Hal |
1. | Pemaparan Visi Misi di DPRD | Tim SR dan KarSa Bersitegang | Selasa, 4 Juli 2008 | 5 |
2. | Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati | Salam Gerojok 4 Ton Beras | Kamis, 10 Juli 2008 | 4 |
3. | Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional | Hidayat Nur Wahid Dampingi Karwo | Senin, 14 Juli 2008 | 5 |
4. | Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa | NU Pecah, SR Menang | Senin, 14 Juli 2008 | 5 |
5. | Kampanye di Hari Pamungkas | Tebar Janji Sebelum Istirahat | Minggu, 20 Juli 2008 | 4 |
HARIAN BHIRAWA | ||||
NO. | Tema Berita | Judul Berita | Hari/ Tanggal Terbit | Hal |
1. | Pemaparan Visi Misi di DPRD | Visi Misi Tak Sentuh Lapindo | Selasa, 8 Juli 2008 | 1 dan 11 |
2. | Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati | Safari Politik Karsa Blusukan ke Pasar Hingga Bertemu Kyai | Jum’at 11 Juli 2008 | 2 |
3. | Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional | Kampanye Pakde di Madiun Didoakan WanitaTua dan Yatim Piatu | Senin, 14 Juli 2008 | 2 |
4. | Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa | Kegagalan Ali Maschan di NU Pengaruhi Salam | Senin, 11 Juli 2008 | 1 |
5. | Kampanye di Hari Pamungkas | Tim Sukses karsa yakin Kuasai Suara di 22 Daerah | Jum’at 18 Juli 2008 | 1 |
HARIAN DUTA MASYARAKAT | ||||
NO. | Tema Berita | Judul Berita | Hari/ Tanggal Terbit | Hal |
1. | Pemaparan Visi Misi di DPRD | Visi Misi Diwarnai Teror | Selasa, 8 Juli 2008 | 9 |
2. | Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati | Ka-Ji membaur Bersama Pedagang pasar | Kamis, 10 Juli 2008 | 9 |
3. | Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional | Pakdhe Tebar Pesona di Kampung Halaman | Senin, 14 Juli 2008 | 9 |
4. | Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa | Ka-Ji dibanjiri Mssa, Achsan Dikawal Gus Dur | Senin, 14 Juli 2008 | 9 |
5. | Kampanye di Hari Pamungkas | Kampanye Ka –Ji Luar Biasa | Minggu, 19 Juli 2008 | 8 |
Tabel 5 : DATA INFORMAN
No | Nama Media | Nama Wartawan | Jabatan | Waktu Wawancara |
1. | Jawa Pos | Kurniawan Muhammad | Redaktur Politik | Sabtu, 4 Juli 2008 |
2. | SURYA | 1. Alfred Lande 2. Taufiq Zuhdi | Redaktur Pelaksana Redaktur Politik | Sabtu, 4 Juli 2008 |
3. | Duta Masyarakat | Hendik Budi Y | Redaktur Politik | Jum’at, 1 Agustus 2008 |
4. | BHIRAWA | 1. Bambang WN 2. Wahyu Kuncoro SN 3. Wawan Trianto | Redaktur Pelaksana Redaktur Politik Wartawan | Sabtu, 28 Juli 2008 Minggu, 10 Agustus 2008 |
(Sumber : Hasil Wawancara Penulis dengan narasumber di atas)
Sekedar sebagai data pendukung untuk melihat bagaimana media massa memberitakan Pilgub Jatim selama putaran I, berikut ditampilkan tabel berita di media massa yang menjadi obyek penelitian pemilih selama masa kampanye Pilgub Jatim Putaran I, tepatnya mulai tanggal 6 sampai dengan 20 Juli 2008.
Tabel 6 : Jumlah Berita Selama Masa Kampanye
Jawa Pos | % | SURYA | % | Bhirawa | % | Duta Masyarakat | % | Jumlah | |
Ka – Ji | 19 | 18,52 | 12 | 16,21 | 9 | 12,67 | 18 | 27,69 | 58 |
SR | 21 | 20,58 | 16 | 21,62 | 8 | 11,26 | 14 | 21,53 | 59 |
Salam | 21 | 20,58 | 13 | 17,56 | 18 | 25,35 | 11 | 15,94 | 63 |
AchSan | 18 | 17,64 | 12 | 16,21 | 5 | 7,04 | 9 | 13,84 | 44 |
KarSa | 23 | 22,54 | 21 | 28,37 | 31 | 43,66 | 13 | 20 | 88 |
Jumlah | 102 | 100 | 74 | 100 | 71 | 100 | 65 | 100 | 312 |
(Sumber : Diolah penulis dari Berita di Harian Jawa Pos, Surya, Bhirawa, dan Duta Masyarakat periode kampanye Putaran I Pilgub Jatim 6 – 20 Juli 20
Catatan :
- Berita yang dihitung adalah berita, baik berita straight news maupun feature. Tidak termasuk berita foto dan berita advertorial.
- Berita yang dihitung adalah berita yang berkaitan dengan berita yang berkaitan dengan persaingan calon gubernur – calon wakil gubernur. Jika dalam satu berita terdapat dua calon gubernur atau lebih maka akan tetap dihitung satu per satu.
0 Response to "Alur Detail Penyajian dan Analisis Data"
Post a Comment