Berita Hangat Hari Ini

Alur Detail Penyajian dan Analisis Data

 Penyajian data dan analisis data dalam penelitian ini, diawali dengan analisis teks terhadap berita-berita yang berkaitan dengan komunikasi politik Pasangan Calon Gubernur di Harian Jawa Pos, Surya, Duta Masyarakat, dan Bhirawa. Sejumlah item berita yang dianalisis merupakan berita yang muncul pada periode penelitian, yaitu selama masa kampanye putaran I Pemilihan Gubernur Jawa Timur. 
Meskipun ada beberapa tema besar pemberitaan yang muncul selama Pemilihan Gubernur Jawa Timur, penulis hanya membatasi pada satu tema besar yaitu persaingan antar kandidat calon gubernur. Penulis misalnya tidak mengelaborasi dan meneliti lebih jauh berita tentang persiapan teknis pemilu, meningkatnya golput, dan sejenisnya.
Dari persaingan antar kandidat calon gubernur, memfokuskan pada tema – tema yang diangkat secara bersamaan oleh keempat media yang menjadi obyek penelitian. Artinya, penulis memilih berita yang mengangkat kejadian atau isu yang sama – sama diberitakan oleh Harian Jawa Pos, Surya, Duta Masyarakat, dan Bhirawa. Dengan strategi yang lazim diterapkan dalam penelitian framing seperti ini, diharapkan terlihat lebih jelas bagaimana sebuah media melakukan framing terhadap sebuah peristiwa.
Dari pemetaan yang dilakukan, terdapat 5 (lima) berita pada masing-masing surat kabar yang berkaitan dengan tema yang diangkat penulis, yaitu persaingan antar kandidat calon gubernur. Dipilihnya lima berita tersebut didasarkan pada lima sub tema yang berkaitan dengan tema permasalahan dan sama-sama diangkat oleh empat surat kabar yang dipilih. Dengan demikian, terdapat 20 (dua puluh) item berita yang dianalisis dalam penelitian ini.
Kelima sub tema atau kejadian yang sama – sama diangkat oleh media massa yang menjadi obyek penelitian ini adalah :
1.      Pemaparan Visi Misi di DPRD dan Debat Kandidat
2.      Pasar : Tempat Pilihan Meraih Simpati
3.      Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
4.      Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
5.      Kampanye di Hari Pamungkas
Sesuai dengan ruh penelitian kualitatif, penulis menganalisis tidak dengan menentukan salah satu model framing di awal. Akan tetapi menganalisis berita dan baru dipilih model mana yang paling relevan. Jika yang paling banyak muncul kemudian adalah model Pan-Kosicki itu memang karena berita tersebut menurut hemat penulis lebih banyak sesuai dengan alat analisis framing Pan-Kosicki. Meski demikian beberapa perangkat framing dari pemikir lain juga digunakan jika memang sesuai dengan data yang dikumpulkan.
Dalam analisis ini, untuk memperdalam analisis, penulis juga memasukkan hasil wawancara dengan redaktur bidang politik dari masing – masing surat kabar. Meski terjadi perbedaan diantara pakar komunikasi tentang perlu tidaknya memasukkan wawancara dengan awak media dalam penelitian framing, penulis meyakini bahwa teknik pengumpulan data pada penelitian framing bersifat multilevel karena akan dibagi menjadi dua level. Pertama, pengumpulan data pada level teks media dan kedua, pengumpulan data pada level manajemen redaksional (produksi berita) yang dilakukan oleh bagian redaksional dari masing-masing institusi suratkabar (Birowo, 2004 ; 186-187).
Wawancara dilakukan penulis berangkat dari asumsi dasar framing itu sendiri yang salah satunya berada pada level individu. Setiap individu, termasuk wartawan, akan selalu menyertakan pengalaman hidupnya, wawasan sosial, dan kecenderungan psikologisnya dalam mengintepretasi pesan yang diterimanya. Individu bukanlah entitas pasif dan tidak mandiri. Pengalaman dan pengetahuan individu akan mengendap dan mengkristal kemudian memberikan kemampuan bagi individu yang bersangkutan untuk memetakan, menerima, mengidentifikasi, dan memberikan label pada informasi yang diterima (Goffman dalam Agus Sudibyo, 2001)
Karena menjadi tidak mungkin, peneliti dapat melihat kebijakan redaksional dalam sebuah isu besar seperti Pilgub Jatim ini tanpa melakukan wawancara dengan pengelola media. Selain itu, wawancara adalah bagian dari proses teknik triangulasi yang dilakukan penulis untuk mencoba menggali informasi dari sumber yang berbeda. Satu sumber berbasis pada teks berita, dan sumber yang lain bersumber pada hasil wawancara.
Secara teknis, analisis teks berita akan diuraikan di bagian awal, kemudian dilanjutkan dengan analisis yang juga memasukkan hasil wawancara dalam  melihat kebijakan redaksional Harian Jawa Pos, Surya, Duta Masyarakat, dan Bhirawa dalam mengkonstruksi realitas komunikasi politik calon gubernur dalam Pemilihan gubernur Jawa Timur.
Melalui sajian data dan analisis data ini, diharapkan dapat terlihat bagaimana sebuah kejadian dan atau isu yang sama dalam konteks Pilgub Jatim, ternyata diberitakan berbeda oleh media massa. Hal itu mungkin terjadi karena pemilihan sudut pandang (angle),narasumber, penyebutan narasumber, penampilan foto/grafis yang berbeda. 

Tabel  4 : Daftar Berita yang Dianalisis

HARIAN JAWA POS
NO.
Tema Berita

Judul Berita

Hari/ Tanggal Terbit
Hal
1.
Pemaparan Visi Misi di DPRD
Semua Calon Tak Singgung Lumpur Lapindo
Selasa, 08 Juli 2008
8
2.
Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati
Pakdhe Pertahankan Pasar Tradisional
Rabu, 16 Juli 2008
10
3.
Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
Ketua MPR Kampanye Untuk Karsa
Senin, 14 Juli 2008
9
4.
Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
Ali Tetap Optimistis
Minggu, 13 Juli 2008
7
5.
Kampanye di Hari Pamungkas
All Out di Hari Terakhir
Minggu, 20 Juli 2008
8

HARIAN SURYA

NO.
Tema Berita

Judul Berita

Hari/ Tanggal Terbit
Hal
1.
Pemaparan Visi Misi di DPRD
Tim SR dan KarSa Bersitegang
Selasa, 4 Juli 2008
5
2.
Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati
Salam Gerojok 4 Ton Beras
Kamis, 10 Juli 2008
4
3.
Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
Hidayat Nur Wahid Dampingi Karwo
Senin, 14 Juli 2008
5
4.
Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
NU Pecah, SR Menang
Senin, 14 Juli 2008
5
5.
Kampanye di Hari Pamungkas
Tebar Janji Sebelum Istirahat
Minggu, 20 Juli 2008
4
HARIAN BHIRAWA
NO.
Tema Berita

Judul Berita

Hari/ Tanggal Terbit
Hal
1.
Pemaparan Visi Misi di DPRD
Visi Misi Tak Sentuh Lapindo
Selasa, 8 Juli 2008
1 dan 11
2.
Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati
Safari Politik Karsa Blusukan ke Pasar Hingga Bertemu Kyai
Jum’at 11 Juli 2008
2
3.
Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
Kampanye Pakde di Madiun Didoakan WanitaTua dan Yatim Piatu
Senin, 14 Juli 2008
2
4.
Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
Kegagalan Ali Maschan di NU Pengaruhi Salam
Senin, 11 Juli 2008
1
5.
Kampanye di Hari Pamungkas
Tim Sukses karsa yakin Kuasai Suara di 22 Daerah
Jum’at 18 Juli 2008
1

HARIAN DUTA MASYARAKAT

NO.
Tema Berita

Judul Berita

Hari/ Tanggal Terbit
Hal
1.
Pemaparan Visi Misi di DPRD
Visi Misi Diwarnai Teror
Selasa, 8 Juli 2008
9
2.
Pasar ; Tempat Pilihan Meraih Simpati
Ka-Ji membaur Bersama Pedagang pasar
Kamis, 10 Juli 2008
9
3.
Keterlibatan Tokoh Pusat Dalam Event Regional
Pakdhe Tebar Pesona di Kampung Halaman
Senin, 14 Juli 2008
9
4.
Peran Kyai dan NU dalam Menggalang Dukungan massa
Ka-Ji dibanjiri Mssa, Achsan Dikawal Gus Dur
Senin, 14 Juli 2008
9
5.
Kampanye di Hari Pamungkas
Kampanye Ka –Ji Luar Biasa
Minggu, 19 Juli 2008
8

Tabel 5 : DATA INFORMAN

No
Nama Media
Nama Wartawan
Jabatan
Waktu Wawancara
1.
Jawa Pos
Kurniawan Muhammad
Redaktur Politik
Sabtu, 4 Juli 2008
2.
SURYA
1.   Alfred Lande
2.   Taufiq Zuhdi
Redaktur Pelaksana
Redaktur Politik
Sabtu, 4 Juli 2008
3.
Duta Masyarakat
Hendik Budi Y 
Redaktur Politik
Jum’at, 1 Agustus 2008
4.
BHIRAWA
1.   Bambang WN
2.   Wahyu Kuncoro SN
3.   Wawan Trianto
Redaktur Pelaksana
Redaktur Politik
Wartawan
Sabtu, 28 Juli 2008
Minggu, 10 Agustus 2008

(Sumber : Hasil Wawancara Penulis dengan narasumber di atas)

            Sekedar sebagai data pendukung untuk melihat bagaimana media massa memberitakan Pilgub Jatim selama putaran I, berikut ditampilkan tabel berita di media massa yang menjadi obyek penelitian pemilih selama masa kampanye Pilgub Jatim Putaran I, tepatnya mulai tanggal 6 sampai dengan 20 Juli 2008.

Tabel 6 : Jumlah Berita Selama Masa Kampanye


Jawa Pos
%
SURYA
%
Bhirawa
%
Duta Masyarakat
%
Jumlah
Ka – Ji
19
18,52
12
16,21
9
12,67
18
27,69
58
SR
21
20,58
16
21,62
8
11,26
14
21,53
59
Salam
21
20,58
13
17,56
18
25,35
11
15,94
63
AchSan
18
17,64
12
16,21
5
7,04
9
13,84
44
KarSa
23
22,54
21
28,37
31
43,66
13
20
88
Jumlah
102
100
74
100
71
100
65
100
312
(Sumber : Diolah penulis dari Berita di Harian Jawa Pos, Surya, Bhirawa, dan Duta Masyarakat periode kampanye Putaran I Pilgub Jatim 6 – 20 Juli 20
Catatan :
  1. Berita yang dihitung adalah berita, baik berita straight news maupun feature. Tidak termasuk berita foto dan berita advertorial.
  2. Berita yang dihitung adalah berita yang berkaitan dengan berita yang berkaitan dengan persaingan calon gubernur – calon wakil gubernur. Jika dalam satu berita terdapat dua calon gubernur atau lebih maka akan tetap dihitung satu per satu.

Subscribe to receive free email updates:

Related Posts :

0 Response to "Alur Detail Penyajian dan Analisis Data"

Post a Comment